Tingkatkan Pengetahuan Para Dokter dan tenaga Kesehatan IDI Cabang Manokwari Gelar Rapat Kerja Pengurus

  • Whatsapp

MANOKWARI- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para dokter dan tenaga kesehatan lainnya di manokwari IDI Cabang Manokwari menggelar rapat kerja pengurus yang dilkasanakan di ruang pertemuan hotel Swisbell Manokwari (14/3).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Staf ahli bidang kemasyrakatan dan SDM, H Simbiring mewakili bupati Manokwari.

Bupati Manokwari dalam sambutan tetulis yang dibacakan oleh staf ahli bupati menyampaikan bahwa IDI telah banyak mengambil peran strategis sesuai dengan fungsinya dalam mendukung proses pembangunan khusus di bidang kesehatan.

Dikatakan Sembiring bahwa kegiatan Symposium hari ini akan membahas materi covid 19 , Triple eliminasi penyakit hepatisti B, malaria dan infeksi sifilis pada ibu hamil dan bayi baru lahir dan juga penilaian awal serta penanganan cedera kepala di daerah perifer.

Ia menyebutkan bahwa kesempatan ini dibahas juga mengenai salah satu topik yang menarik yaitu virus corona atau biasa disebutv sebagi covid 19 yang saat ini terus menjadi perhatian utama bagi kesehatan masyrakat di seluruh dunia.

Baca Juga :   Jelang Pelantikan Presiden, Pangdam Kasuari Himbau Warga Papua Jaga Keamanan

Berdasarkan informasi resmi dari kementrian kesehatan dalam 3 hari pasien dengan kasus tersebut berjumlah 44 pasien dan terus bertambah hingga saat ini berjumlah puluhan ribu kasus.

Disampaikan simbiring, Pengetahuan tentang covid 19 ini masih terbatas dan terus berkembang dan penelitiam masih terus berlanjut terkait dengan penyakit ini sehingga mendorong pihak berwenang di banyak negara untuk mengambil tindakan pencegahan.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa dunia harus siap menghadapi adanya kemungkinan wabah baru covid 19. lndonesia sampai dengan 12 maret 2020 tercatat kasus corona telah mencapai 27 kasus.

Dengan adanya kejadian infeksi corona di indonesia tentunya sedikit banyak menimbulkan keresahan masyarakat untuk itu salah satu usaha dalam rangka mengantisipasi penanganan kasus wabah covid 19 adalah pihak pemerintah kerjasam pengambilan keputusan seluruh tenaga medis dan masyarakat harus bekerjasama dalam mencegah dan memerangi wabah corona tersebut.

Baca Juga :   Korupsi Dinas Perumahan Rakyat PB, Warinussy Heran Polda Tak Kunjung Limpahkan Tersangka LMS

“Pemkab manokwari siap mendukung upaya tenaga kesehatan khususnya IDI cabang manokwari dalam memerangi wabah corona tersebut khususnya pada bagian regulasi dan adminsitratif”kata Sembiring.

Pihaknya mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh IDI cabang Manokwari dalam hal penanganan covid 19 yaitu dengan pembentukan satgas kesiapsiagaan.

Diharapkan agar satgas kesipasiagaan yang telah dibentuk dapat melakukan tugasnya untuk pencegahan dan kontrol penularann infeksi covid 19 bersama-sama dengan unsur pemerintah melalui dinas kesehatan melakukan perencanaan pelatihan, petugas kesehatan, edukasi dari perawat dan dokter ke pasien mengenai pola hidup sehat , pencegahan ,tanda dan gejala infeksi virus corona, strategi mengenai deteksi dini infeksi dan strategi diagnostik laboratorium agar virus corona tersebut dapat cepat terdeteksi dan bila perlu kesiapan pembangunan infrastruktur jika dibutuhkan penanganna pasien yang dicurigai virus corona tersebut.

Selain itu tenaga kesehatan khususnya dokter diharapkan dapat meningkatkan tugas pentingnya dibidang masing-masing baik di rumah sakit , puskesmas, maupun praktek swasta dan juga agar IDI cabang Manokwari tetap terus melakukan kegiatan-kegiatam positif baik melalui seminar pelatihan maupun kegiatan bahkti sosial lainnya sehingga eksistensi organisasi IDI cabang Manokwari yang dalam 1 tahun belakangan ini mulai bersinar tetap terus berlangsung dan harapan masyrakat menjadi sehat.

Baca Juga :   Perayaan HUT PI ke 165 Telan Anggaran Milyaran

Sedangkan mengenai Rancangan kerja tahun 2020 yang akan disusun nanti harapannya dapat dirasakan langsung oleh msyarakat dan unsur pemerintahan juga akan mendukung semua kerja-kerja dari para dokter termasuk dalam hal menjamin kesejahteraan tenaga dokter semoga semua harapan bersaman dapat terwujud dan terlaksana dengan baik dan lancar agar masayrakat manowkari menjadi sehat.

“Mari sukseskan acara Symposium dan rapat kerja IDI hari ini agar program-program yang akan disusun kedepannya dapat dipertajam sehingga cita-cita. bersama dapat menjadikan masyarakat yang sehat dikabupaten manokwari semoga kegiatan ini merupakan langkah awal dalam menata arah pembangunan bidang kesehatan di kabupaten manokwari.(H*/)

Pos terkait