Tingkatkan Kompetensi Pengelolah Keuangan Daerah, Pemkab Manokwari Gelar Bimbingan Teknis Bagi Kasub dan Bendahara

Manokwari, kabartimur.com- Sebanyak 220
peserta yang terdiri dari Kepala sub bagian Keuangan, bendahara pengeluaran, bandara penerimaan dan bendahara barang pada seluruh OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Manokwari mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh BPKAD Manokwari selama 3 hari, 30 Oktober hingga 1 November 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh sekda Manokwari, drg. Henry Sembiring didampingi oleh Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Corneles Edwinson Wondiwoy dan Kepala Inspektorat Khumaidi di tandai dengan pemukulan tifa dan pemasangan kartu tanda peserta di hptel Valdos, Senin (30/10/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala BPKAD Kabupaten Manokwari Corneles Edwinson Wondiwoy dalam laporannya , menyampaikan bawah kegiatan bimbingan teknis dilakukan guna meningkatkan kompetensi Pengelolah Keuangan Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manokwari.

Baca Juga :   Dituding Tidak Berdayakan Pengusaha Lokal, Warga Minta Kepalai Balai Di copot

Wondiwoy menjelaskan bahwa bimbingan taknis ini nantinya akan membahas sejumlah topik yaitu implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2022, Kewajiban perpajakan bagi instansi pemerintah daerah, Penatausahaan dan pelaporan keuangan menggunakan aplikasi FMIS, laporan BMD serta penggunaan fasilitas kantor, Peran APIP dalam melawan keuangan daerah, pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Manokwari.

Senada, Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda drg. Henri Sembiring menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelola keuangan daerah di setiap OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Manokwari berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2022 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

“Dari bimbingan teknis ini nantinya diharapkan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2023 dan seterusnya dapat disusun berdasarkan regulasi terbaru, diselesaikan dan diserahkan tepat waktu sehingga prestasi yang sudah dicapai dapat terjaga dan ditingkatkan dari waktu ke waktu”, harapnya.

Baca Juga :   Sudah 4 Orang Meninggal di Sel Tahanan Rantepao, Akankah Ada Yang Ke-5

Pihaknya berharap, Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan fokus sehingga sinergi dan ilmu akan berdampak pada perbaikan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Dan melalui bimbingan teknis ini pengelolaan keuangan daerah semakin baik dengan akuntabilitas yang semakin meningkat serta terbangunnya sinergitas semakin kuat.(Red/*)

Pos terkait