Tingkatkan Ketrampilan Pengetahuan Pengelolah Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Manokwari Gelar Bimtek

  • Whatsapp

MANOKWARI- Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengelolah perpustakaan yang handal dan profesional dalam mengelolah perpustakaan di sekolah, dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Manokwari menggelar Bimtek pengelolaan perpustakaan sekolah se-kabupaten Manokwari tahun 2021.

Kegiatan bimtek tersebut dilakukan secara virtual karena situasi masih dalam kondisi pandemi covid-19 dan diikuti oleh peserta sebanyak 35 orang tenaga pengelolah pustakawan dari sekolah tingkat SD, SMP dan Taman Baca yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 1 sd 2 September 2021 dan secara langsung dibuka oleh kepala dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Manokwari, Agustinus Moktis.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan pusdiklat perpustakaan sebagai narasumber

Dalam sambutannya, kepala dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Manokwari , Agustinus Moktis menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan akan berdampak positif bagi Pengembangan informasi dan pendidikan di tengah masyarakat.

Moktis mengatakan bahwa, Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Perpustakaan merupakan salah satu wahana untuk mewujudkan tujuan yang di maksud perpustakaan kedepan lebih maju lagi dalam mendukung pelaksanaan pendidikan dalam arti seluas-luasnya baik lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.

” Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan , karena di perpustakaanlah bahan pustaka di kumpulkan, diproses, dan di sebarluaskan kepada pembaca” ujar Moktis.

Dijelaskan Moktis bahwa Perpustakaan merupakan ujung tombak dalam keberhasilan pembangunan manusia di bidang pendidikan sehingga dengan meningkatkan minat baca siswa merupakan tugas mulia yang harus di dukung oleh semua pihak.

Menurutnya, peran dan fungsi perpustakaan yang merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu sangat penting keberadaannya di sekolah terutama untuk anak anak sekolah yang haus akan pengetahuan sehingga bisa Menumbuhkan minat baca pada anak sekolah namun hal tersebut merupakan tantangan tersendiri yang harus dilakukan oleh pengelolah perpustakaan

Melalui kegiatan bimtek ini pihaknya berharap kepada peserta agar mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sungguh-sungguh disertai rasa tanggung jawab sehingga setelah selesai peserta memiliki keterampilan yang lebih dalam mengelolah perpustakaan masing-masing dan di harapkan pula sekolah harus mampu melakukan terobosan-terobosan dan menciptakan inovasi-inovasi dalam produk Dan layanan Kepada siswa karena pesatnya perkembangan teknologi informasi tentunya sangat sangat berpengaruh dalam perkembangan perpustakaan

“Melalui kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pengelolah perpustakaan sehingga keberadaan mampu memainkan fungsi peran dan kecerdasan siswa serta dapat memberi pengetahuan kepada pengelolah sekolah agar tercapai target perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar sekolah dan mempercepat akreditasi di masing-masing sekolah”Harap Moktis mengakhiri sambutannya. (VR/Red)

Pos terkait