Tingkatkan Kapasitas Nelayan, DKP Haltim Gelar Bimtek Sertifikasi Kecakapan Nelayan

HALTIM,Kabartimur.Com – Guna Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Halmahera Timur (Haltim),Provinsi Maluku Utara (Malut) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Kecakapan Nelayan (SKN).

Kegiatan peningkatan sertifikasi kecakapan nelayan tersebut di ikut 50 nelayan, di Aula penginapan Marfa Maba, Senin (01/04/2024).

Bacaan Lainnya

Kadis DKP Hadijah Talib mengatakan,Kegiatan tersebut Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nelayan dalam berbagai aspek kelautan, seperti pelayaran, navigasi, operasional penangkapan ikan dan keselamatan kerja.

“SKN Sertifikasi Kecakapan Nelayan memiliki peran strategis dalam mengukur kemampuan dan kompetensi para nelayan. Dengan sertifikasi, kita dapat memastikan bahwa Para Nelayan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ujarnya.

Hal ini juga kata dia, membuka peluang lebih luas bagi para nelayan dalam mencari pekerjaan dan meningkatkan taraf hidup. “SKN merupakan sertifikasi keahlian bagi nahkoda dan awak kapal yang memiliki kapal <5 GT atau bekerja pada kapal dengan ukuran >5 GT sampai 30 GT,” tuturnya.

Baca Juga :   Kejari Haltim Raih Capaian Kerja Terbaik Ke-2 dari Kejati Malut Tahun 2022

Hadija, berharap Kepada para peserta, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ikuti dengan penuh semangat dan perhatian setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. “Jadikan acara ini sebagai momen berharga untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan,” harapnya.

(Penulis:Ruslan Haurisa)

Pos terkait