Tim Gabungan Turun Bersihkan Material Banjir, Kota Wasior Mulai Pulih

  • Whatsapp

WASIOR – Kondisi kota Wasior sudah berangsur pulih setelah pada Senin malam sempat lumpuh dan mencekam akibat diterjang banjir yang juga mengakibatkan listrik padam. Ruas jalan utama yang sebelumnya tak bisa dilalui karena tertutup lumpur tebal dan material bawaan banjir lainnya pada Selasa pagi sudah dibersihkan sehingga sudah bisa dilewati kendaraan.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani dihubungi via telepon, Selasa pagi melaporkan, tim gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI/Polri dan masyarakat hingga siang ini masih melakukan pembersihan di seluruh kawasan terdampak banjir.

Termasuk membantu warga membersihkan rumah maupun bangunan yang tergenang lumpur tebal. Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi bersama Wakil Bupati Paulus Indubri ikut memantau langsung di lapangan.

“Jalan-jalan sudah dibersihkan jadi sudah bisa dilalui. Untuk di kali (Kali Anggris) ada 2 alat berat yang bekerja membersihkan aliran kali dari lumpur dan batu-batu juga kayu. Secara umum kondisi kota Wasior sudah pulih kembali, ” jelas Alex.

Baca Juga :   Kunker ke 5 Distrik, Bupati Imburi Ingin Dengar Aspirasi Warga di Wilayah Terluar

Hingga Selasa siang terdata sebanyak 66 bangunan yang mengalami kerusakan ringan, sedang maupun berat akibat diterjang lumpur, kayu maupun batu.

Sebagian besar merupakan tempat usaha seperti toko, kios, warung makan dan bengkel. Termasuk beberapa fasilitas pemerintah yakni kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Wasior, Pelni, ruang tunggu Pelabuhan, kantor Satuan Pemadam Kebakaran, Kantor Lurah Wasior dan Kantor KP3 Laut.

“Sementara tidak ada korban yang meninggal maupun luka. Warga yang mengungsi tadi malam juga sudah kembali untuk membersihkan rumah mereka, ” kata Alex. Pemda setempat, lanjut Alex telah mempersiapkan bantuan untuk para korban.

“Tadi pagi dari PMI sudah berikan bantuan nasi bungkus. Tadi bapak bupati sudah perintahkan Dinas Sosial untuk mempersiapkan bantuan bagi korban yang rumahnya rusak, ” jelas Alex yang masih berstatus mahasiswa tugas belajar di IPDN Jatinangor. (Nday)

Baca Juga :   Terlantar dan Jadi Kandang Sapi, Warga Wasior Minta Pasar Sanduai Diaktifkan Lagi

Pos terkait