Sudah Dua Tahun Dijabat Plt, Bupati Imburi Janji Lantik Kadis Pendidikan Awal 2019

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Bernadus Imburi menanggapi kritik DPRD terkait posisi kepala dinas pendidikan yang selama lebih kurang dua tahun belakangan ini diemban pejabat pelaksana tugas (Plt).
Imburi menyatakan pelantikan Kepala Dinas Pendidikan defenitif akan dilakukan pada pertengahan Januari 2019. Sejumlah jabatan kepala OPD yang sekarang ini masih dijabat Plt seperti Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Sekretaris DPRD juga akan dilantik bersamaan.
“Diharapkan paling lambat pada minggu kedua Januari 2019 jabatan defenitif kepala dinas pendidikan, kesehatan dan OPD lainnya sudah terisi dan dapat dilaksanakan pelantikan serentak, “ demikian Bupati dalam materi jawaban bupati terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD tentang RAPBD 2019.
Wakil Bupati Paulus Indubri membacakan jawaban bupati itu dalam rapat paripurna di gedung DPRD di Isei, Selasa.
Seperti telah diberitakan, sejumlah fraksi DPRD melontarkan kritik tajam terkait pelayanan pendidikan di Wondama yang dinilai makin buruk. Fraksi Gabungan Nusantara (FGN) misalnya, menilai salah satu yang menyebab kualitas pendidikan semakin merosot adalah karena kepala dinas pendidikan yang masih dijabat Plt.
Karena itu FGN mendesak bupati segera mengangat seorang kepala dinas yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sanggup memimpin dinas pendidikan. Hal serupa juga dipertanyakan fraksi NasDem.
Atas pertanyaan itu bupati menjelaskan, pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama memerlukan tahapan yang panjang. Yakni melalui proses seleksi terbuka dengan terlebih dahulu dilakukan uji kompetensi dan uji kesesuaian jabatan (job fit) diantara pejabat eselon II.
Proses uji kesesuaian jabatan telah dilaksanakan pada 23- 24 Oktober 2018 yang lalu dan selanjutnya akan dilakukan seleksi terbuka atau lelang jabatan untuk jabatan eselon II yang masih kosong.
Sekretaris Daerah Denny Simbar sebelumnya mengatakan, hasil dari job fit akan menjadi pertimbangan bupati dalam menempatkan pejabat eselon II. (Nday)

Baca Juga :   Anak Lumpu Layu Yang Pernah Dikunjungi Ibu Bupati Tana Toraja Sudah Meninggal Dunia

Pos terkait