Sudah 845 Pelamar Mendaftar Rebutkan 30 Formasi Umum di Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Pegawai negeri sipil (PNS) tampaknya masih menjadi profesi impian banyak orang termasuk di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Hal itu tampak dari tingginya animo masyarakat mengikuti pendaftaran CPNS tahun 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun media ini, hingga Selasa pukul 12.20 WIT tercatat sebanyak 845 pelamar yang sudah mendaftarkan diri untuk formasi umum. Adapun untuk formasi umum yang menggunakan ijazah SMA atau sederajat hanya tersedia 30 formasi untuk jabatan pengadministrasi umum.

Bacaan Lainnya

Dari 30 formasi yang itu, lokasinya disebar ke sejumlah instansi meliputi 10 distrik atau kecamatan yaitu Distrik Roon, Kuri Wamesa, Windesi, Wamesa, Teluk Duairi, Rumberpon, Naikere, Nikiwar, Roswar dan Soughwepu.

Juga ada beberapa OPD yakni Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bappeda, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga juga Dinas Lingkungan Hidup. Masing-masing instansi mendapat jatah kuota mulai dari satu sampai yang tertinggi 3 formasi.

Hingga Selasa siang, Distrik Naikere terpantau sebagai lokasi dengan pelamar terbanyak yakni 115 orang. Padahal formasi yang tersedia di distrik Naikere hanya ada 2. Selanjutnya Dinas Sosial dengan 2 formasi, pelamar yang sudah terdaftar mencapai 89 orang.

Ada pula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan hanya 1 formasi telah dilamar oleh 86 orang. Menyusul Distrik Kuri Wamesa 2 formasi dengan 63 pelamar, Distrik Teluk Duairi 2 formasi dengan 55 pelamar, Distrik Windesi 2 formasi dengan 50 pelamar dan Bappeda 2 formasi dengan 48 pelamar.

“Secara keseluruhan (termasuk formasi S-1 dan Diploma) sudah 2000 lebih yang terdaftar, “ ucap salah seorang staf Dinas Kominfo yang bertugas sebagai penginput data pelamar.

M.Sayori, salah seorang pelamar formasi umum mengaku ikut mendaftar menjadi CPNS karena ingin memiliki masa depan yang lebih baik.
“Saya sudah honor jadi staf di BPP (balai penyuluh pertanian) tapi ada tes pegawai jadi coba-coba ikut saja karena kalau jadi pegawai kan kita tidak susah lagi (cari uang), “ ucap Sayori yang berasal dari Kampung Tandia, Distrik Rasiei.

Adapun kuota penerimaan CPNS kali ini untuk Kabupaten Teluk Wondama adalah sebanyak 300 formasi. Jumlah itu terbagi untuk formasi guru, paramedis, tenaga teknik dan formasi umum. Untuk formasi umum dengan ijazah SLTA dibatasi hanya untuk pelamar orang asli Papua.

Sementara formasi lainnya dibuka untuk umum namun dengan kuota 80 persen untuk pelamar orang asli Papua dan 20 persen untuk yang non Papua. (Nday)

Pos terkait