Sudah 14 Paslon Independen Siap Maju Pilkada 2020, Fakfak Terbanyak

  • Whatsapp

WASIOR – Pilkada 2020 di Papua Barat boleh jadi akan menciptakan rekor sebagai pemilu dengan jumlah konstestan perseorangan atau independen terbanyak.
KPU Provinsi Papua Barat mencatat, dari 9 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada, telah terdata sebanyak 14 bakal pasangan calon independen yang siap maju melalui jalur nonpartai.

“Di Papua Barat yang melalui independen kemarin kita sudah rapat terbatas kurang lebih ada 14 calon independen. Sangat banyak sekali. Di 2015 cuma tiga sampai 4 pasang. Satu diantaranya di Wondama, “ kata Ketua KPU Provinsi Papua Barat Amus Atkana pada acara launcing Pilkada 2020 Kabupaten Teluk Wondama di Taman Masasoya Topai Wasior, Sabtu.

Selain Wondama, beberapa kabupaten lain yang memiliki bakal calon independen antara lain Kabupaten Fakfak 5 pasang, Manokwari 3 pasang, Manokwari Selatan 3 pasang serta Kaimana dan Sorong Selatan masing-masing 1 pasang.

Baca Juga :   Simbol Kebersamaan, Guru dan Siswa di Wasior Makan Bersama Beralas Daun Pisang

“Itu berdasarkan username dan password (SILON) yang keluar dari KPU. Kalau password dan username belum keluar dari KPU itu dia belum bisa dikatakan calon independen, “ ujar Atkana.

Untuk Kabupaten Teluk Wondama sendiri syarat dukungan KTP yang harus dipenuhi pasangan independen adalah sebanyak 2591 lembar dengan batas akhir penyerahan syarat dukungan adalah pada 23 Pebruari 2020.

Ketua Relawan HEMAT Ridas Wambrau mengklaim, sejauh ini KTP yang telah mereka kumpulkan untuk pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy telah jauh melewati ambang batas sebagaimana dipersyaratkan KPU.

Karena itu Relawan HEMAT tetap optimistis pasangan Mambor-Andi akan lolos Pilkada 2020 melalui jalur perseorangan.

“Sementara ini tim IT HEMAT bekerja menginput data dukungan ke aplikasi SILON offline, data yang sudah diinput ke SILON mencapai 2.000 KTP. Data yang sudah terinput ke SILON kami pastikan tidak berubah lagi ketika KPU melakukan verifikasi karena kami sudah melakukan verifikasi sesuai metode KPU,“demikian Ridas melalui pesan WhatssApp, Minggu malam. (Nday)

Baca Juga :   Kodam Kasuari Gelar Bakti Sosial untuk Warga Terpencil di Teluk Wondama

Pos terkait