Subsidi KM.Ekspress Bahari 8,4 Miliar, DPRD Wondama Usul Pemkab Beli Kapal Sendiri

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama sejak 2018 mengalokasikan anggaran sebesar 8,4 miliar untuk belanja subsidi terhadap kapal penumpang KM.Ekspress Bahari yang melayani rute Wasior-Manokwari PP.

DPRD menyarankan agar Pemkab mempertimbangkan untuk membeli kapal yang sekelas dengan KM. Ekspress Bahari sebagai sarana angkutan penumpang sehingga tidak perlu lagi menghabiskan dana miliaran untuk subsidi kapal milik swasta. Adapun harga kapal sekelas KM.Ekspress Bahari ditaksir berkisar antara 27 miliar hingga 30 miliar.

“Langkah ini akan lebih efisien jika dibandingkan harus mengeluarkan dana untuk belanja subsidi setiap tahunnya, “ ucap Wakil Ketua I DPRD H. Arwin sewaktu membacakan pendapat akhir gabungan fraksi terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 dalam rapat paripurna di gedung dewan di Isei, Kamis (4/7).

Berkaitan dengan itu, Bupati Bernadus Imburi dalam materi jawaban bupati terhadap pandangan umum gabungan fraksi yang disampaikan pada rapat paripurna sebelumnya menjelaskan, untuk tahun 2019 Pemkab telah meneken kesepakatan kerja sama dengan PT.Belibis Papua yang mengelola KM. Ekspress Bahari pada 1 Februari 2019.

Kerja sama berlaku mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2019 dengan perjanjian bahwa harga tiket ekonomi KM.Ekspress Bahari diturunkan dari semula Rp440 ribu menjadi Rp320 ribu per orang sekali jalan untuk rute Wasior-Manokwari maupun sebaliknya.

Selain dengan KM.Ekspress Bahari, Pemkab Wondama juga memberi subsidi bagi kapal penumpang lainnya yakni KM. Margareth yang juga melayani rute Wasior-Manokwari PP. Serta dengan Maskapai Susi Air untuk layanan transportasi udara. ( Nday)

Pos terkait