Kapolres Wondama Pimpin Ziarah Laut Jelang HUT RI ke-77

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama, Selasa sore (16/8) menggelar ziarah laut menjelang peringatan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Ziarah laut yang berlangsung di Pelabuhan Wasior diisi dengan pelarungan dan penaburan bunga ke laut untuk menghormati arwah para pahlawan yang gugur di laut.

Prosesi ini dilakukan lantaran sampai saat ini Kabupaten Teluk Wondama belum memiliki Taman Makam Pahlawan (TMP).

Ziarah laut dipimpin oleh Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru dengan Ipda Margorintho Prabowo bertindak sebagai komandan ziarah.

Upacara ziarah laut dihadiri Bupati Hendrik Mambor dan Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Ketua DPRD Herman Sawasemariai, Dandim Persiapan Letkol Inf Saheri juga Sekda Denny Simbar bersama para pimpinan SKPD.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Ny Sri Maryanti Mendila Mambor, Ketua GOW Ny Iche Pabutungan Kayukatuy bersama sejumlah pengurus organisasi wanita.

Baca Juga :   Terdampak Covid-19, 430 UMKM di Wondama Terima Bantuan Stimulan Rp2 Juta

 

 

Termasuk prajurit TNI/Polri, Basarnas juga Satpol PP dan beberapa elemen lainnya yang hadir sebagai peserta.

Selain penaburan bunga ke laut, peserta ziarah juga melakukan hening cipta. Kapolres selaku pimpinan ziarah juga membacakan ikrar penghormatan terhadap arwah pahlawan yang gugur di laut.

Ziarah laut menjadi bagian rangkaian peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kabupaten Teluk Wondama.

Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 rencananya berlangsung mulai pukul 08.00 WIT bertempat di lapangan apel kantor bupati Teluk Wondama di Isei. (Nday)

Pos terkait