Sosialisasi Pencegahan Covid-19, MUI Wondama Ajak Umat Islam Jadi Pelopor Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

WASIOR – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Teluk Wondama berkomitmen untuk ikut berperan aktif membantu Pemda dalam upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona atau Covid-19.

MUI Wondama mengajak semua pihak khususnya umat Islam untuk terus menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang diselenggarakan MUI Teluk Wondama di aula Mushola Jabal Nur Manggurai, Wasior, Sabtu (19/9/2020).

Pada acara yang dibuka Asisten II Pemkab Wondama Hermin Sesa Rinding, Ketua MUI Teluk Wondama H.Abudin Ohoimas menekankan bahwa penyebaran virus corona baik secara nasional maupun di Wondama sendiri dari hari ke hari semakin meningkat.

Untuk itu diperlukan ikthiar bersama semua pihak demi menekan laju penyebaran Covid-19 yaitu dengan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan secara teratur dan selalu menjaga jarak aman.

“Covid-19 sekarang ini semakin mengkuatirkan tetapi kita amati perilaku masyarakat Wondama ternyata masih kurang kesadaran untuk menjalankan protokol kesehatan. Sehingga kami dari MUI melaksanakan kegiatan sosialisasi ini untuk mengingkatkan semua kita tentang bahaya Covid-19 ini, “ujar Abudin.

Abudin juga secara khusus menyerukan kepada umat Islam di Wondama agar tampil sebagai pelopor penerapan protokol kesehatan.

Mewakili Bupati Bernadus Imburi, Asisten II Hermin Sesa Rinding menegaskan menjalankan protokol kesehatan menjadi kewajiban semua masyarakat dalam rangka menjaga keselamatan diri sendiri juga orang lain.

“Menerapkan protokol kesehatan itu wajib karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus. Kita semua harus komitmen setiap datang ke tempat umum harus pakai masker, “ucap Hermin yang juga merangkap sebagai Plt Kepala Pelaksana BPBD.

Senada, Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru juga mengimbau semua elemen masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19 agar Wondama bisa terbebas dari penyebaran virus corona.

“Mari kita jaga lingkungan kita dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker itu harus kita jadikan sebagai gaya hidup baru untuk keselamatan kita, keluarga kita dan masyarakat, “pesan Ndaru, sapaan akrab Kapolres kelahiran 1981 itu.

Pada kesempatan itu, para peserta sosialisasi yang merupakan komunitas muslim di Wondama menerima materi tentang perkembangan Covid-19 di Wondama yang disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19 Wondama dr.Yoce Kurniawan.
Termasuk potensi kerawanan yang terjadi dalam tahapan Pilkada 2020 termasuk potensi munculnya klaster baru Covid-19 dari aktivitas Pilkada yang disampaikan Kapolres Ndaru.

Juga sosialisasi perihal Peraturan Bupati tentang Penegakan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan serta Sanksi Hukum yang dibawakan oleh Kepala Bappeda Amuridin. (Nday)

Pos terkait