Serahkan Bantuan Prasarana Pertanian, Bupati Mambor Doakan Pendapatan Petani Wondama Meningkat

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor bersama Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Rabu (28/9) menyerahkan bantuan prasarana pertanian kepada para petani di Distrik Wasior dan Wondiboi.

Bantuan yang disalurkan antara lain alat pengupas kelapa, alat panen sagu berupa chainsaw mini (gergaji mesin) serta alat pertanian ringan lainnya.

Juga diserahkan bantuan berupa bibit kelapa dalam, pupuk serta dana insentif bagi petani yang mengelola komoditi perkebunan.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Albertina Kaim menjelaskan bantuan yang diberikan kepada petani bersumber dari APBN, APBD Provinsi Papua Barat juga dana otonomi khusus (Otsus) Kabupaten Teluk Wondama tahun anggaran 2022.

“Bantuan ini bertujuan untuk membantu petani membudiayakan komoditi perkebunan dengan baik sehingga pada akhirnya dapat menambah pendapatan keluarga, “terang Albertina.

Bupati Hendrik Mambor berharap para petani memanfaatkan dengan baik bantuan prasarana pertanian yang telah diterima sehingga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga.

Baca Juga :   Patut Ditiru, Tiga Polisi di Wasior Sumbang Darah untuk Balita Anemia

“Pemda terus berupaya untuk menekan tingkat kemiskinan di daerah ini. Salah satunya melalui program pertanian seperti ini yang diharapkan secara bertahap bisa mengurangi kemiskinan ekstrim yang ada di Kabupaten Teluk Wondama, “ucap bupati.

Mambor juga minta Dinas Pertanian terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para petani terutama yang mengelola komoditas perkebunan yang hasilnya baru bisa dinikmati dalam jangka panjang.

“Saya berharap ini diikuti dengan pembinaan terus kepada petani sehingga program ini bisa jalan dengan baik. Karena kelapa dalam jadi butuh 5 sampai 6 tahun baru bisa berbuah dan mendapatkan hasil, “pesan orang nomor satu Wondama itu.

Acara penyerahan bantuan prasarana pertanian bagi petani dilakukan di aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Distrik Wasior di Kampung Moru.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, turut menyerahkan bantuan secara simbolis Kepala Distrik Wasior Antonius Alex Marani. (Nday)

Baca Juga :   Pencarian Hari Kedua, Basarnas Belum Temukan Jejak Keberadaan Christian Wamafma di Bukit Aitumeri

 

 

 

Pos terkait