Salurkan Hobby dan Pereratsilahturahmi, KKM Gelar Lomba Burung Berkicau Bupati cup l Manokwari 2020

  • Whatsapp

MANOKWARI — Dalam rangka menyalurkan Hobby dan mempereratsilahturahmi sesama Komunitas Kicau Mania (KKM) baik dari dan luar manokwari panitia menggelar  Lomba Burung Berkicau yang dilaksanakan di halaman Gedung wanita (14/3).

Kegiatan tersebut dibuka oleh asisten ll Harjanto Ombesappu mewakili bupati Manokwari.

Ketua panitia lomba berkicau bupati cup l Manokwari 2020 dalam penyampaiannya mengatakan bahwa event ini selain menyalurkan hobby juga menarik masyarakat dan peserta dan bisa memberikan kontribusi dalam budidaya burung kicau di Manokwari.

Pihaknya menyebutkan bahwa penyelenggaaran event yang dilaksanakan  oleh KKM  merupakan pagelaran lomba burung berkicau sebagai wujud apresiasi  para penghoby, pecinta dan pemelihara burung karena  perlombaan  ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk ditonton baik dari suara gaya  dan durasi kicaunya burung.

Adapun peserta yang ikut adalah  komunitas burung kicau yang ada di Manokwari, kota sorong, Biak, dan komuniats Ikan hias di Manokwari yang turut meramaikan dalam pemeran ikan hias dengan melibatkan  korlap dari jawa timur dan juri KMM.

Hal senada disampaikan oleh Ketua KKM  bahwa KKM merupakan  satu wadah yang dapat menghimpun para penghoby burung berkicau sehingga  dibentuklah wadah Komunitas  Kicau Mania Manokwari guna mendukung terwujudnya  provnsi konservasi serta mendukung pemerintah kabupaten manokwaru menuju Manokwari BISA.

Kehadiran KKM  diharapkan berdampak pada aspek  eksploitasi terhadap burung endemik papua barat yang dilindungi UU dapat berkurang bahkan tidak akan terjadi lagi,

Selain itu juga membantu pemerintah daerah dlaam mewujudkan   ekonomi kreatif  kemasyrakatan  diantaranya kaan tumbuh peternak baru , peternak pakan burung dan akan tumbuh para pengrajin sangkar, pedagang serta aksesorisnya.

Menurutnya, perlunya  diadakan lomba burung berkicau sebagai  tuntutan hoby serta menguji burung yang dipelihara dan dirawat setiap hari agar  bisa mengetahui sejauh mana kemampuan burung dalam melantunkan  suara serta gaya indahnya  saat berada di daerah perlombaan

Pihaknya menghaturkan  terimah kasih kepada pemda manokwari yang telah memberikan kepercayaan sebagi penyelenggara Lomba Burung Berkicau  dalam tajuk Bupati Cup l tahun 2020.

Bupati Manokwari dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh asisten ll  mengapresiasi komunitas kicau mania manokwari yang telah berdiri  dan eksis beberapa tahun ini dan telah dapat melaksnakan kegiatan-kegiatan yang positif .

“Kita Percaya kegiatan  pameran dan lomba kicau burung selain merupakan hobby tetapi juga dapat menumbuhkan spirit dan kreatifitas  para pecinta  burung khususnya  di kabupaten Manokwari, juga dapat menghindarkan  diri dari perbuatan yang negatif seperti keterlibatan dalam penggunaan obat terlarang” harapnya

Dikatakan Ombesappu, KMM merupakan salah satu bentuk organisasi kemasyrakatn yang diharapkan mampu memberikan teladan yang bermanfaat kepada masyarakat di Manokwari.

“Harus menjaga kelestarian   burung yang dilindungi dan jangan sampai melakukan perburuan terhadap jenis satwa burung  yang merupakan burung Endemik Papua” ujarnya.(R/*).

Pos terkait