Polri Siap Amankan Pilkada Serentak 2018

  • Whatsapp

Pihak Polri, kini sudah mempersiapkan sitem pengamanan kota (Sispamkota) pada pemilukada atau pilkada serentak yang akan digelar Tahun 2018.

Hal itu terlihat saat digelar simulasi sispamkota dalam menghadapi pesta rakyat, di Halaman Parkir Trans Studio Makassar (TSM), Kamis (18/5/17), yang dipimpin langsung Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol. Endi Sutendi.

Nampak ada beberapa tahapan yang disimulasikan aparat gabungan. Seperti pengamanan tahap pendaftara dan penceblosan di TPS. Selanjutnya ke tahap pungitas suara saat perhitungan.

Saat terjadi kisruh atau insiden, aparat kepolisian fokus mengamankan pelaku keributan sesuai dengan aturan dalam SOP Pemilukada.

Pada saat perhitungan suara di KPPS, terjadi sekelompok pendukung tak menerima perolehan suara karena tak sesuai dengan hasil survei dan melakukan aksi unjukrasa di Kantor KPUD, dilakukanlah pengamanan terbuka dengan mendorong tim negosiasi. Selanjutnya mempertemukan antara para pengunjukrasa dengan pihak KPU dengan pelaksanaan perhitungan dengan cara manual.

Sementara pada simulasi ini, para pengunjukrasa mulai anarkis dan melakukan aksi pelecehan pada personil polwan, Tim Provos Polripun dengan sigap mengamankan pelaku.

Bila aksi unjukrasa semakin rusuh dan tak terkendali, perwira pengendali meminta bantuan Tim Anti Huru Hara agar situasi dapat terkendalikan.

Jika di area KPU dicurigai maupun ditemukan barang yang membahayakan, seperti handak, para perwirapun melakukan koordinasi dengan Tim Jihandak Brimob agar lokasi dapat disterilkan.

Demikian halnya, pihak aparat gabungan TNI-Polri dan unsur muspida, melakukan patroli kota dalam menekan ganguan Kamtibmas.

Nah, simulasi yang diperagakan aparat Polrestabes Makassar ini, akan pula menjadi patokan seluruh jajaran Polda se Indonesia dalam Sispamkota dalam menghadapi Pilkada serentak.

Simulasi inipun disaksikan langsung oleh, As Ops Polri, Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, Karo Bin Ops Mabes Polri Brigjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M. Si, Danpas Pelopor Brimob Mabes Polri Brigjen Drs. Abdul rahman Baso, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono, SH. MH, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. DR. Eddy Gatot Pramono, M.Si, Dandim Makassar Kolonel. Inf. Otto Sallu, Para Pejabat utama Polda Sulsel, Para Karo Ops Jajaran Polda se Indonesia, – Para Kasat Brimobda Jajaran Polda Se Indonesia, Para Dir Sabhara jajaran Polda Se Indonesia, Para Kapolres jajaran Polda Sulsel. (*)