Pokdarkamtibmas Bhayangkara PB Dikukuhkan, Gubernur Harapkan organisasi ini Langsung Menyentuh Masyarakat

  • Whatsapp

MANOKWARI- Pengurus Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyrakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Papua Barat masa jabatan 2020-2024 resmi dikukuhkan oleh ketua umum Pokdarkamtibmas di Ruang Arfak Convention Hall Polda PB, senin 20 juli 2020 yang ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka dan penandatangan Berita acara pengukuhan oleh Kapolda PB disaksikan oleh gubernur PB.

Dalam sambutannya Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan berpesan agar organisasi ini langsung menyentuh kepada masyarakat yang ada dilingkungan sekitar.

Sebagaimana masalah gangguan kamtibmas pada dasarnya adalah masalah yang sangat kompleks dan apabila dibiarkan atau tidak ada upaya pencegahan maka akan cenderung dapat meningkatnya kejahatan baik kuantitas maupun kualitasnya.

Olehnya itu dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyrakat penegak hukum hendaknya senantiasa memberikan perlindungam dan pelayanan kepada masyarakat dengan membangun kemitraan antara polri dan pokdar kambtibmas.

Sebagaimana organisasi adalah organiasasi kemitraan polri dengan anggota kelompok masyarakat yang secara swakarsa menunjukkan kepedulian terhadap masalah-masalah kamtibmas dalam mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Gubernur berharap Pokdakamtibmas Bhayangkara sebagai mitra polisi dalam membantu upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyrakat hendaknya dapat berperan sebagai sumber informasi dan dapat mendeteksi kemungkinan timbulnya masalah sosial dan ekonomi ditengah-tengah masyrakat dan mampu memecahkan masalah melalui cara musywarah untuk mencapai mufakat.

“Pokdarkamtibmas bersama-sama polri terus melakukan pendekatan terhadap warga masyarakat yang memiliki potensi untuk diberdayakan dalam rangka enyelenggaraan sistem keamanan swakarsa guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif”harap Gubernur.

Menurutnya, hal ini didorong guna meningkatkan kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan hukum yang berlaku melalui penyuluhan yang bersifat edukasi sadar hukum kepada masyrakat guna mencegah secara dini ancaman ditengah masyrakat demi mewujudkan Provinsi papua Barat yang kondusif.

Sementara itu, Ketua umum kambtibmas dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengukuhan ini merupakan wujud pembinaan organisasi kamtibmas di papua barat dalam membina masyarakat yang peduli terhadap keamanan lingkungan.

Dirinya mengamanatkan agar kesadaran masyarakat harus ditingkatkan serta
diharapkan untuk menjaga keamanan di wilayah hukum Papua Barat dan menitipkan pengurus kepada kapolda, gubernur dan kodam selaku pembina agar selalu memberikan pembinaan dalam turut berpartisipasi dan menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

“Kepada pengurus yang baru dilantik agar melaksanakan apa yang sudah menjadi komitmen sesuai ADRT organisasi dan tetap menjaga nama baik organisasi sehingga masyarakat menyadari pentingnya untuk menjaga kambtibnas di lingkungan masing-masing”Pungkasnya (*/R)

Pos terkait