Pertama Kalinya, Kantor Sekretariat Flobamora Dibangun di Manokwari

MANOKWARI- Gubernur Papua Barat didampingi Bupati Manokwari meletakkan Batu pertama pembangunan Kantor sekretariat Flobamora Papua Barat yang terletak di Soribo, Selasa 21 Desember 2021.

Kantor sekretariat Flobamora Papua barat dibangun diatas lahan seluas 1.500 Meter2 dimana 750 meter persegi merupakan hibah dari ketua Ikatan Flobamora Papua Barat, Clinton Tallo.

Ketua Panitia Pembangunan Sekretariat Flobamora Papua Barat, Romanus Pegan, dalam laporannya menyampaikan bahwa kantor sekretariat yang dibangun merupakan kerinduan masyarakat Flobamora sejak tahun 2015.

Bacaan Lainnya

Romanus menyebut, Selain kantor sekretariat, juga akan dibangun gedung serbaguna yang diperkirakan membutuhkan anggaran senilai Rp2,7 miliar dan dikerjakan oleh pihak ketiga CV Berkat Bunda dimana panitia hanya melakukan kontrol dan pengawasan, supaya pekerjaan terarah.

Baca Juga :   8 Wilayah di Wondama Zona Merah, Bupati Minta Distrik dan Kampung Perkuat Sinergi Tekan Covid-19

Romanus pun menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Papua Barat yang memberikan bantuan hibah sebesar Rp 1 miliar dan Pemkab Manokwari yang juga memberikan bantuan hibah sebesar Rp 500 juta untuk pembangunan Sekretariat Flobamora Papua Barat

ketua IKF, Clinton Tallo dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan kantor sekretariat ini merupakan hal yang Pertama kali terjadi di Tanah Papua dan seluruh Indonesia.

“Hanya di Tanah Papua di Tanah Arfak, dibangun kantor sekretariat Flobamora sehingga Kita wajib menjaga tanah ini dan ada kepercayaan saling menjaga keamanan dikota ini” harap Clinton.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Pemkab menyambut baik dan memberikan dukungan terhadap pembangunan kantor sekretariat Flobamora Papua Barat Karena pembangunan kantor ini sebagai bukti eksistensi masyarakat Flobamora juga eksistensi NKRI dengan adanya interaksi sosial dengan suku-suku di tanah Papua sehingga wajib kita lestarikan eksistensinya di tanah Papua.

Baca Juga :   Wakil Bupati Manokwari Serahkan SK Kenaikan pangkat 77 PNS

“Melestarikan suku agama dan budaya tidak hanya ada di daerah dimana kita berasal tapi juga ada diperantauan dalam mempertahankan identitas di tanah Rantau sehingga pemkab tidak ada alasan untuk tidak mendukung pembangunan kantor sekretariat tersebut” kata Bupati.

Atas nama Pemerintah kabupaten Manokwari , bupati menyampaikan terimah kasih dan penghargaan terhadap suku Flobamora dengan eksistensinya berada di Tanah ini dan banyak berbuat di Tanah Papua.

“Peradaban yang kita capai hari ini di tanah ini adalah pencapaian bersama”imbuh Bupati.

Disamping itu, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengatakan jika Sekretariat Flobamora Papua Barat sudah terbangun, maka semua masyarakat baik masyarakat Flobamora maupun masyarakat dari suku lain sudah dapat mengetahui keberadaan sekretariat tersebut. Jika ada persoalan, baik internal maupun eksternal, sekretariat menjadi tempat untuk menyelesaikannya.

Baca Juga :   Bid Dokkes Polda Papua Barat Beri Pelayanan Kesehatan Gratis di Kampung Arowi

“Dengan demikian, apa yang diharapkan yakni kerukunan, kedamaian, persatuan, dan kesatuan dipegang dan menjadi modal pembangunan Papua, Papua Barat, dan Manokwari,” ujar gubernur.

Menurut gubernur, kehadiran ikatan-ikatan keluarga dan kerukunan di Papua Barat dengan sekretariatnya dapat membantu pemerintah menjaga kerukunan antar masyarakat dan antarsuku. Karena itulah, Pemprov Papua Barat membantu pembangunan sekretariat kerukunan atau ikatan-ikatan keluarga suku Nusantara dan Papua di Papua Barat.

“Saya berharap, kantor dibangun, selesai, dijaga dan dirawat agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Flobamora,”harapnya.(Red/Lisna)

Pos terkait