Perpusda Manokwari Lahirkan Inovasi Pemberdayaan Sosial Ekonomi

MANOKWARI, Kabartimur.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) melahirkan inovasi baru di tahun anggaran 2022 melalui pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

Kepada Kabartimur.com, kepala Bidang kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Manokwari Wiwik Hariawan mengatakan bahwa Perpustakaan Manokwari bukan hanya memfokuskan program pada pendidikan dunia baca namun bagaimana kantor kerasipan dan perpustakaan melakukan inovasi baru yang bisa menghasilkan pemberdayaan kepada kalangan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan itu, di Tahun 2022 kata Wiwik Hariawan, pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan sosial kepada masyarakat salah satunya adalah kegiatan pelatihan tanaman hidroponik.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan pemberdayaan tersebut, peningkatan kualitas hidup serta sistem dan organisasi perpustakaan menjadi kuat sehingga berdampak pada membaiknya kualitas layanan perpustakaan dan pemanfaatan oleh masyarakat yang secara otomatis meninggalkan literasi masyarakat literasi untuk kesejahteraan.

Baca Juga :   Pandemi covid-19, Kodim Fakfak Sulap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur

Selain tanaman hidroponik kata Wiwik, dinas (Arpusda) juga melakukan pelatihan dasar-dasar komputer untuk kalangan pelajar dan umum setiap hari Sabtu pada pukul 13.00- sampai 15.00, dan ada pelatihan dasar-dasar bahasa Inggris untuk pelajar SMP & SLTA setiap Sabtu pukul 15.00 sampai 17.000.

Wiwik menjelaskan bahwa untuk Pelatihan wirausaha penanaman sayur hidroponik dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sedangkan pelatihan wirausaha pada usaha laundry sepatu dilakukan pada bulan Agustus 2022 sementara pelatihan wirausaha bagi mama-mama Papua di perpustakaan kampung Warkapi distrik Tanah Rubuh dan keterampilan pembuatan dan pemasaran sapu ijuk bulan September 2022.

Pos terkait