Permata 10 Cincin Pusaka Kerajaan Gowa Raib

  • Whatsapp

Tim investigasi benda-benda pusaka Kerajaan Gowa telah melakukan pemeriksaan tahap awal selama dua hari. Hasil sementara, 28 benda pusaka yang diperiksa asli. Namun, ada beberapa peninggalan yang disimpan di Istana Balla Lompoa sudah hilang.

Tim yang terdiri dari pihak Polres Gowa, Kodim 1409/Gowa, Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pemerintah Kabupaten Gowa ini menyebutkan ada 10 permata cincin sudah hilang dari total 12 buah. Satu permata yang terdapat di mahkota juga dinyatakan hilang.

“Ada 12 cincin yang diperiksa, 10 hilang permatanya. Kalau keaslian emas, memang asli emas, tapi 10 cincin sudah hilang permatanya,” ucap Kepala Inspektorat Gowa, Khaerul saat memberikan keterangan pers di Museum Balla Lompoa, Jumat (26/5).

Menurutnya, ada 28 peninggalan kerajaan yang diperiksa oleh tim. Khaerul mengaku, tim masih akan melakukan verifikasi keaslian seluruh peninggalan yang ada. “Tim masih akan melakukan investigasi ulang,” ucapnya.

Baca Juga :   AMP PANASKAN MESIN PEMENANGAN IYL CAKKA DI TIGA KABUPATEN

Hasil investigasi tahap awal ini sendiri, kata dia, selanjutnya akan diserahkan ke Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. “Laporan ini kemungkinan selanjutnya akan dibahas dan dikaji di Muspida,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kesbang Polinmas Gowa,  Kamaruddin Serang menegaskan, semua benda-benda Kerajaan Gowa asli alias tidak ada imitasi.

“Semua benda pusaka yang diperiksa dua hari lalu asli adanya. Pemeriksaan ini melibatkan asosiasi pedagang emas. Cuma saya tidak tahu pasti detail jumlah benda yang diperiksa sebab yang hadir dalam pemeriksaan itu hanya anggota kami,” ucap Kamaruddin Serang.(*)

Pos terkait