Peringati Hari Bakti Adhyaksa, Kejari Tana Toraja Tanam Pohon Serentak di 3 Lokasi

Tana Toraja Kabartimur.Com- Dalam rangka Memperingati hari Bakti Adhyaksa jajaran kejaksaan Negeri Tana Toraja melakukan penanaman pohon secara serentak di 3 lokasi yaitu 1 titik di Toraja Utara (Dusun Buntu Kalando Desa Nanna, Kecamatan Nanggala) dan 2 Titik di Kab. Tana Toraja (Dusun Simbuang Kelurahan Tailon Kecamatan Rembon dan Lembang Buntu Datu, Kecamatan Mengkendek) Rabu 12 Juli 2023.

Kegiatan Penanaman Bibit Buah tersebut dilaksanakan secara serentak pada 63 titik lokasi di seluruh Kabupaten/Kota Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Khusus di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara ada 500 bibit buah yang terdiri dari 2 jenis buah yaitu bibit durian dan bibit pohon pala yang ditanam pada 3 lokasi, kata Kajari Tana Toraja Erianto L. Paundanan.

Erianto mengungkapkan kegiatan penanaman pohon di tiga titik ini merupakan wujud dari kepedulian dan kontribusi untuk turut serta dalam mendukung program penghijuan. Selain memperbaiki lingkungan, juga dapat memberikan manfaat langsung karena yang kita tanam adalah buah-buahan.

Baca Juga :   Indonesia Komitmen Dukung Program Kerja WIPO dan Aktif dalam Inisiatif Global terkait KI

Kajari Tana Toraja mengungkapkan gerakan penanaman pohon merupakan gerakan nyata dalam melestarikan lingkungan. “ Sangat penting menanam pohon agar dapat menghasilkan lebih banyak oksigen dan mengurangi karbondioksida.

Kegiatan penanaman bibit tersebut dihadiri oleh Kepala UPT KPH Saddang 1 Kab. Tana Toraja dan jajaran, Kepala Seksi Intelijen Kejari Tana Toraja, Sekertaris Camat Malimbong Balepe’, dan jajaran pegawai Kejaksaan Negeri Tana Toraja.

Sementara Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam sambutan virtualnya menyampaikan bahwa aksi penanaman pohon merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD) XXVIII.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa kerusakan lingkungan telah mengakibatkan berbagai dampak bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor. Ada juga dampak perubahan iklim, pemanasan global) akibat makin menipisnya lapisan ozon,” kata Kajati Sulsel

Baca Juga :   DPR Papua Barat Kantongi Sejumlah Nama Calon Pj Gubernur yang Akan Diusulkan Ke Mendagri

Dengan kegiatan menanam pohon ini kata Leonard, akan memberi manfaat yang sangat besar di kemudian hari dan diharapkan ikut berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global. (Red/Titus)

Pos terkait