Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari Masa Bahkti 2021-2024 Dilantik

MANOKWARI- Bupati Manokwari, Hermus Indou didampingi ketua PKK kabupaten Manokwari Febelina Indou melantik pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Manokwari masa bahkti 2021-2024 di Aston Niu Hotel Manokwari, Selasa (23/3/2021).

Pelantikan ditandai dengan penandatanganan SK naskah pelantikan oleh Bupati Manokwari.

Dalam arahannya usai melantik pengurus TP PKK, Bupati Manokwari menyampaikan agar ketua beserta pengurus TP dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh amanah.

Bupati menilai bahwa PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga karena tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

” Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam pembangunan dan apabila keluarga sudah mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat Manokwari dan indonesia yang sejahtera dan hal ini yang menjadi tantangan bagaimana membudayakan PKK sesuai eksistensinya” kata Hermus.

Baca Juga :   Pesan Aljabar Makatita di Hari Sumpah Pemuda Untuk Generasi Muda Manokwari

Bupati menyebut bahwa PKK dengan 10 fungsi pokoknya yakni penghayatan dan pengamalan pancasila, Gotong royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan yang sehat merupakan kekuatan yang strategis dan apabila 10 progrma pokok tersebut membudaya maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh dan tidak hanya berfokus pada kesejahteraan namun dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB.

Selain itu kata Bupati, melalui program berkoperasi PKK dapat menanamkan dasar demokrasi juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan UPPKS.

Bupati berharap kepada ketua TP PKK dan pengurus yang baru saja dilantik hari ini untuk dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi dan misi dengan 10 program PKK, fokus kepada program PK yang telah ditetapkan yang disinergikan dengan Tim Penggerak PKK jenjang diatasnya sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi.

Baca Juga :   Lagi, Penertiban Huntara┬áDitunda

Untuk itu Ketua dan pengurus segera menyusun program kerja yang akan dengan mempelajari aturan dan yang terkait dengan pedoman kerja.

Bupati Berharap dengan terbentuknya pengurus TP PKK merupakan awal dan momentum yang tepat menjadikan kabupaten Manokwari kearah yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera dan dapat berperan aktif dalam menunjang pergerakan pembangunan daerah serta memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyrakat agar solusi strategis dapat diambil terutama saat ini dalam menghadapi pandemi covid-19 dan isu stunting yang mengancam masa depan bangsa.

“Saya mengharapkan Tim penggerak PKK agar turut membantu dalam akselarasi penuntasan berbagai program pembangunan sebagai upaya bersama dalam mewujudkan kabupaten Manokwari menjadi daerah yang religius berbudaya adil dan sejahtera sesuai ynag kita harapkan bersama,” Harap Bupati.(R)

Pos terkait