Pengurus IKASWARA Manokwari Periode 2021-2022 Dikukuhkan

MANOKWARI, Kabartimur.com- Pengurus Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (IKASWARA) Manokwari periode 2021 -2026 resmi Dikukuhkan oleh pembina Ikswara Edi Budoyo yang juga adalah wakil bupati Manokwari yang ditandai langsung dengan pembacaan naskah pelantikan, penandatanganan berita acara dan penyerahan bendera Pataka kepada ketua IKASWARA Manokwari di hotel Mansinam Beach (26/3/2022).

Acara Pengukuhan dihadiri langsung oleh Bupati Manokwari, asisten lll Setda Provinsi Papua Barat , dan 28 paguyuban IKASWARA di Manokwari.

Ketua IKASWARA Manokwari, H. Suyanto dalam penyampaian menyebut bahwa sejumlah program akan dilaksanakan dalam menjalankan tugas dan pengabdian ikwasara dengan sebaik-baiknya.

Pertama adalah akan membangun Penguatan organisasi dan memastikan legalitas badan hukum paguyuban yang saat ini prosesnya sudah mencapai 70 persen

Kedua adalah program membangun sekretariat dan akan segera diwujudkan dengan dukungan pemerintah daerah.

Baca Juga :   8 Ranperda dan Ranperdasus Papua Barat Tahun 2021 Berhasil Difasilitasi Oleh Kanwil Kemenkumham

Ketiga adalah akan dilakukan pemberdayaan terhadap ikatan pemuda , pelajar paguyuban di manokwari.

Sementara itu Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan dilakukannya pengukuhan merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian suku adat dan budaya yang ada di Manokwari dan apa yang dilakukan setiap suku yang ada di kota ini (Manokwari) adalah bagaimana untuk berupaya membina warganya secara tertib.

“Kita kaya akan suku bangsa dan budaya serta dengan keberagaman yang ada tersebut riskan dengan potensi konflik sehingga harus dijaga dengan baik” harap Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa semua suku membentuk organisasi sebagai wadah untuk berkumpul dan bermusyawarah sehingga dengan dilantiknya pengurus IKASWARA agar terus membina masyarakat dengan baik dan aspirasi yang disampaikan kepada pemerintah tidak dilakukan secara individu namun secara organisatoris.

Baca Juga :   Puskesmas Diminta Proaktif Sosialisasikan Bahaya Covid-19

“Tugas kita menjaga keberagaman tetap ada untuk selamanya Karena dengan kemajemukan menjadi transformasi situ bangsa. Tidak ada bangsa yang berhasil membangun dirinya sendiri bahkan membuktikan suku dan bangsa saling membutuhkan agar peradaban itu bisa dibangun bersama-sama” imbuh Bupati.

Pihkanya berharap agar Eksistensi IKASWARA akan tetap menjadi mitra yang dibutuhkan pemerintah dalam upaya pembinaan masyarakat di kabupaten Manokwari dan dapat meringankan tugas-tugas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Berpesan agar IKASWARA dijadikan sebagai instrumen untuk berpartisipasi dalam mensukseskan program pembangunan di kabupaten Manokwari, dan tetap menjaga kesatuan dan persatuan yang ada di Manokwari.

“Selamat bertugas dan berkarya untuk kejayaan IKASWARA, Manokwari dan tanah Papua” tandas Bupati.(Red)

Pos terkait