Pengadilan Negeri Manokwari Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

  • Whatsapp

MANOKWARI-Pengadilan Negeri Manokwari lakukan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada pengadilan Negeri Manokwari kelas lB, serta syukuran atas peningkatan kelas pengadilan dari pengadilan Negeri Manokwari kelas ll menjadi kelas lB yang dilaksanakan pada Rabu (3/1/2021) di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Manokwari.

Kegiatan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Piagam Pencanangan, penandatangan Komitmen bersama, penandatanganan Fakta Integritas dan penandatangan perjanjian kinerja.

Ketua pengadilan Negeri Manokwari klas lB, Sonny Alfian Blegoer Laoemoery dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengadilan Negeri Manokwari telah menerapkan Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dengan nilai “A” Excellent sejak tahun 2018 dan saat ini (rabu,3 februari 2021) pengadilan negeri kembali memperbaharui pencanangan komitmen pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Menurutnya, Pencanangan ini sebagai bagian dari kesungguhan pengadilan negeri manokwari dalam mengukuhkan diri sebagai lembaga yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya korupsi disertai dengan upaya untuk mewujudkan WBK serta WBBM.

Pihaknya berharap, Penerapan zona integritas ini diharapkan sebagai salah satu formula yang tepat untuk dapat mewujudkan visi pengadilan negeri sebagai badan peradilan yang agung sesuai visi dan misi dari Mahkahma Agung RI sehingga diharapkan kegiatan ini akan dapat melakukan perbaikan secara nyata dimasa mendatang sebagai sebuah landasan yang kokoh untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyrakat.

“Pencanangan pembangunan zona integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya dibidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik” Kata Sonny.

“Zona berarti wilayah/daerah dengan batasan khusus sedangkan integritas dimaksudkan konsistensi dan keteguhan yang tidak tergoyakan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan,Integritas secara etika diartikan kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang”Terangnya.

Sonny menyebut bahwa pembangunan zona integritas difokuskan pada penerapan program SDM, penguatan pengawasan, penguatan Akuntabilitas kinerja, peningkatan kyalitas elayanan publik yang bersifat konkrit.

“Ada dua sasaran yang ingin dicapai dalam zona integritas yakni terwujudnya pemgadilan negeri manokwari yang beraih dan bebas KKN, dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik”sebut Sonny.

Oleh karena itu, pimpinan, hakim dan pegawai serta honorer pengadilan negeri manokwari kelas lB Harus bekerja sama dan sama-sama bekerja menjaga komitmen keseriusan dalam membangun dan menjaga zona integritas ini dengan cerdas ikhlas dan menjauhi perilaku yang tidak terpuji.

“Kepada pemerintah daerah dan stakeholder terkait kami mohon dukungannya bagi kami untuk menjaga komitmen dan integritas dalam membangun zona integritas menuju WBK WBBM”Pungkasnya.

Pos terkait