Pemkab Wondama Kerjasama dengan Kabupaten Terdekat Bangun Pariwisata Berbasis Kawasan

  • Whatsapp

WASIOR – Selain melibatkan pihak swasta, Pemkab Teluk Wondama, Papua Barat juga akan melakukan kerjasama dengan kabupaten tetangga dalam pembangunan sektor pariwisata. Kolaborasi dengan kabupaten tetangga dipandang penting terutama dalam membangun pariwisata berbasis kawasan.

Apalagi sejumlah kawasan yang potensial menjadi destinasi wisata berada di wilayah perbatasan dengan kabupaten terdekat. Antara lain Distrik Rumberpon dan Soug Wepu yang berbatasan dengan Kabupaten Manokwari Selatan.

Bangkai Pesawat Sekutu Saat Perang Dunia II di Perairan Kep Auri Distrik Roon Teluk Wondama. Ini menjadi spot diving yang sering didatangi penyelam (foto/nday)

Juga Taman Laut Teluk Cenderawasih yang di dalamnya juga mencakup Kabupaten Nabire dan Manokwari Selatan.
“Perlu dipikirkan kerjasama dengan investor dan Pemda tetangga untuk bersinergi membangun pariwisata kita, “ ujar Sekretaris Daerah Denny Simbar pada rapat koordinasi bidang pariwisata di Gedung Sasana Karya di Isei, Kamis (5/7/2018).

Sekda menyatakan mulai tahun depan penganggaran untuk bidang pariwisata dilakukan secara terintegrasi. Tanggung jawab pembangunan pariwisata tidak hanya pada Dinas Pariwisata saja. Semua OPD berkontribusi mendukung percepatan pengembangan pariwisata yang telah ditetapkan sebagai sektor unggulan daerah.
Akan ada pengembangan kawasan ekonomi strategis cepat tumbuh bidang pariwisata. Leading sektornya Dinas Pariwisata tapi OPD lain harus berkontribusi untuk mendukung, “ kata Denny.

Dalam rangka itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Frans Mosmafa mengatakan mulai tahun ini pihaknya akan fokus menyiapkan paket wisata. Diharapkan tahun 2019 paket wisata itu sudah siap sehingga bisa dijual.

“Kita juga akan gencarkan promosi melalui berbagai sarana juga kita rencana buat media trip untuk wartawan, “ ujar Frans. (Nday)

Pos terkait