Pemkab Manokwari Berupaya Tingkatkan Peserta Jamaah Setiap tahun

  • Whatsapp

MANOKWARI- Sebagai Ungkapan syukur Jamaah asal kabupaten Manokwari yang telah melangsungkan ibadah Umroh ke Tanah Suci dan kembali ke tanah air dengan selamat, Jamaah menggelar Halal Bihalal yang dipusatkan di SP 9 distrik Sidey kampung Sidey Jaya (19/7).

Nasrudin salah satu Jamaah Umroh,  menyampaikan bahwa kegiatan ini dilangsungkan sebagai  ungkapan rasa syukur bagi Jamaah yang telah kembali ke tanah air dan kembali berkumpul dengan keluarga.

Ia mengajak umat untuk  bersama menambah rasa syukur kepada Allah karena ungkapan rasa syukur  merupakan bagian nikmat Allah.

 

Senada disampaikan Bambang Hariady mewakili jamaah umroh menyampaikan ungkapan terimah kasih kepada pemerintah yang telah memberangkatkan Jamaah yang  merupakan kebijakan pemda untuk menjadi amal kebajikan pemerintah dalam beramal.

“Menjadi tekad pribadi untuk melangsungkan ibadah ke tanah suci untuk takut kepada Allah dan kembali untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari”.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo menyebutkan Jamaah  yang difasilitasi pemerintah daerah tahun ini sebanyak 50 namun karena 10 belum siap dengan pasport maka hanya diberangkatkan  40.

Budoyo menilai Perhatian Bupati sangat luar biasa bagi umat muslim untuk memberangkatkan umroh.

Dijelaskan Budoyo bahwa  setelah selesai melaksanakan ibadah umroh diharapkan kembali  untuk memperbaiki diri sama seperti yang peserta wisata rohani yang diberangkatkan ke lsrael.

“Untuk itu  diharapkan semakin mendalami ajaran agama untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Tujuannya bukan hanya sekedar jalan-jalan namun implementasinya”ujar Budoyo.

Mewakili pemda secara resmi menerima  Jamaah yang sudah pulang melaksanakn ibadah umroh, sehingga dibutuhkan kesadaran untuk taat melaksanakan ibadah dan keluarga yang rukun tambah Budoyo.

Setiap tahun pemda Manokwari sudah komitmen dengan program ini namun dengan jumlah terbatas.

Pemberangkatan tahun ini paling banyak dibanding  tahun-tahun sebelumnya.

Budoyo mengkalim selama menjabat bupati dan wakil bupati pihaknya memberangkatkan Jamaah Umroh sebanyak 3 kali dimana tahun pertama sebanyak 6 orang, tahun kedua sebanyak 20 orang dan tahun ketiga (2018) sebanyak 50 orang.

Pihaknya berharap tiap tahun pemda berupaya  untuk terus meningkatkan jumlah Jamaah dan dibutuhkan dukungan dari DPRD.

Pos terkait