Pameran UMKM Kreatif Diharapkan Dapat Meningkatkan Daya Saing

TANA TORAJA, Kabartimur.com – Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS), berharap Rapat Anggota Tahunan (RAT) nelalui Pameran Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Kreatif Tana Toraja dan Toraja Utara yang dilaksanakan pada 27sd/29 Januari 2023 di Kantor Pusat CUSS Mandetek, Kelurahan Tambunan Kecamatan Makale Utara Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi media untuk meningkatkan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pelaran pameran ini dapat menumbuhkan semangat baru usai pandemi dan menjadi media meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif yang sehat, khususnya di dua kabupaten di Toraja,” sebut Bupati Tana Toraja melalui Kepala Dinas Koperasi UMKM, Oktaviana usai memberi sambutan di RAT CUSS tutup tahun 2022, Sabtu (28/1/2023).

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Jasa Raharja Akan Serahkan Santunan Korban Kecelakaan KM Cantika Express

Oktaviana menyebut, pelaku industri kreatif dari 10 stand yang terlibat dalam pameran ini bisa berinovasi dalam menghasilkan produk yang lebih kompetitif dengan produk ekonomi kreatif dari kota lain.

Kepada kabartimur.com Oktaviana mengatakan bahwa pandemi telah memberi tekanan begitu berat terhadap semua sektor bidang kehidupan, namun pandemi tidak menghentikan kreatifitas para pelaku industri kreatif di Tana Toraja dan Toraja Utara untuk terus berkreasi lebih inovatif menghadapi masalah dan tantangan secara lebih dinamis.

Oktaviana berpesan kepada para pelaku UMKM kreatif di Tana Toraja untuk tidak pernah menunggu untuk memasarkan produk kreatif yang dimiliki, tetapi berupaya memperluas pasar dengan memaksimalkan teknologi yang semakin berkembang.

“Lakukan ‘jemput bola’ kepada pembeli, jangan menunggu pembeli datang menemukan kita, pergunakanlah kemajuan teknologi dan media daring untuk memperluas pasar,” pesannya.

Baca Juga :   Tim Saber Pungli Gencar Sosialisasi, Khumaidi: Hiduplah Sederhana!

Kegiatan tersebut dalam upaya membangkitkan ekonomi UMKM ini harus benar-benar di manajemenkan dengan sebaik-baiknya, agar ekonomi tetap jalan dan meningkat. (Red/Yustus)

Pos terkait