Pameran Otsus Papua Barat di Wasior, Ajang Evaluasi Perjalanan Otsus di Tanah Papua

  • Whatsapp

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pameran Otonomi Khusus tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2019. Sesuai jadwal kegiatan yang direncanakan berlangsung 25-27 November akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Senin pagi. Pameran Otsus kali ini mengusung tema ‘quo vadis Otsus Papua 2022 Menata Kembali Otsus Baru’.

Agenda kegiatan akan dibuka dengan Forum Daerah tentang Otonomi Khusus (Fordasus) yang mempertemukan seluruh pemangku kepentingan untuk membahas capain sekaligus evaluasi pelaksanaan Otsus selama 18 tahun ini di tanah Papua. Selanjutnya pada 26-27 November digelar Pameran Otsus sebagai media informasi tentang capaian pemanfaatan dana Otsus untuk diketahui masyarakat secara luas.

Hingga Minggu petang, seluruh stan pameran yang berjumlah 40 unit telah siap pakai. Tampak perwakilan dari 12 kabupaten dan 1 kota di provinsi Papua Barat tengah melakukan dekorasi dan persiapan lainnya. Adapun rombongan terakhir dari masing-masing daerah telah tiba kota Wasior pada Minggu malam menggunakan kapal laut.

Baca Juga :   Kaya Potensi Wisata, Pulau Rumberpon di Wondama Disiapkan Jadi KEK Pariwisata

Beberapa pejabat yang sudah datang antara lain Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroi, Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, Asisten I Setda Kabupaten Manokwari Wanto dan sejumlah pejabat dari Pemprov Papua Barat. Termasuk pejabat dari Kementerian Dalam Negeri.
Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi saat jamuan makan malam dengan rombongan pameran Otsus dari kabupaten/kota di kediaman dinas di Manggurai menyatakan Wondama sudah siap menggelar pameran Otsus.

“Ini merupakan kegiatan tingkat provinsi dengan skala yang sedikit besar yang dilakukan ditempat ini. Daerah kami masih serba kekurangan jadi kami kadang belum berani menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Semoga dengan kegiatan ini kamipun bisa semakin siap menyelenggarakan kegiatan yang lebih besar lagi di saat-saat yang akan datang, “ ujar Imburi.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Denny Simbar selaku ketua panitia lokal menyebut, panitia menyiapkan sedikitnya 500 ruang untuk penginapan bagi kontingen peserta pameran Otsus 2019. Karena keterbatasan tempat di hotel maupun penginapan, maka disiapkan pula rumah-rumah pejabat, tempat diklat dan juga rumah sewa. (Nday)

Baca Juga :   Sudah Kantongi Pelepasan dari Menteri, 1.073 Ha Lahan di Wondama Segera Jadi Pemukiman Transmigrasi

Pos terkait