Onboarding UMKM Papua Barat, Dorong Geliat Transaksi Digital

  • Whatsapp

MANOKWARI- Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional terutama di masa pandemi COVID-19. Pengalaman menunjukkan bahwa di masa krisis ekonomi, UMKM berhasil bertahan dan berkontribusi bagi pemulihan perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, pada 2018 jumlah usaha di sektor tersebut mencapai 64,19 juta unit dan mampu menyerap 116,97 juta tenaga kerja. Lebih lanjut, kontribusi UMKM kepada PDB mencapai 60,34%.
Oleh sebab itu, Bank Indonesia memberikan perhatian serius terhadap keberlangsungan UMKM agar tetap bertahan dan bertumbuh terutama pada masa pendemi COVID-19.
Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W.Eka.Trisilowati  melalui press rilisnya yang diterima Rabu (7/4/2021) menyampaikan bahwa sejak awal keberadaannya tahun 2014, Bank Indonesia Papua Barat telah melakukan program pendampingan kepada UMKM Papua Barat mulai dari peningkatan kompetensi SDM pelaku UMKM, peningkatan kualitas proses produksi, standarisasi kemasan produk, pengelolaan keuangan, pengurusan berbagai macam perizinan produk, hingga perluasan pasar. Sebagaimana disadari bersama, era digital membuka peluang pemasaran yang semakin luas bagi pelaku UMKM. Berbagai macam e-commerce tersedia, mulai dari conversational commerce hingga marketplace yang memungkinkan penjualan produk UMKM dapat merambah berbagai daerah di Indonesia.
Salah satu bentuk kontribusi nyata Bank Indonesia untuk pengembangan UMKM Papua Barat adalah melalui kegiatan
Ia menyebut,  “Onboarding UMKM Papua Barat : Edukasi, Fasilitasi, dan Motivational Session’’ yang diselenggarakan selama dua hari (6-7 April 2021) dan diikuti oleh 30 UMKM binaan Bank Indonesia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manokwari, Bank Mandiri, dan Dekranasda Papua Barat.
Hal ini sebagai upaya terhubungnya UMKM Papua Barat dengan ekosistem digital melalui e-commerce. Fasilitasi onboarding UMKM kali ini secara khusus mendatangkan narasumber dari Blibli.com sebagai salah satu marketplace yang sangat concern mendukung pengembangan UMKM di Indonesia, dibuktikan dengan penyediaan halaman khusus di website blibli.com melalui submenu Galeri Indonesia dan Gerakan #BanggaBuatanIndonesia.
Ia mengungkapkan, Blibli.com akan memaparkan berbagai seluk beluk dan strategi penjualan melalui marketplace agar pelaku UMKM dapat optimal dalam melakukan penjualan secara digital. Di samping itu, menyadari besarnya tantangan yang dihadapi pelaku UMKM selama masa pandemi COVID-19 maka dihadirkan pula narasumber motivator andal, Remaja Tampubolon, yang akan memberikan motivational session.
Kegiatan onboarding dan digitalisasi UMKM dengan blibli.com ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Papua Barat lebih berdaya saing tinggi serta menjadikan Provinsi Papua Barat sebagai salah satu role model ekosistem ekonomi digital. Ke depan, Bank Indonesia akan terus meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak agar kegiatan onboarding UMKM Papua Barat dapat benar-benar memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian Papua Barat. (rls/*)

Pos terkait