Muscab PPP Wondama Digelar Besok, Agenda Utama Pemilihan Tim Formatur untuk Tentukan Ketua DPC

  • Whatsapp

WASIOR – Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Teluk Wondama dijadwalkan berlangsung pada 28 Oktober 2021, besok.

Muscab mengusung agenda utama yakni pemilihan tim formatur yang selanjutnya bertugas untuk memilih Ketua DPC PPP untuk masa bakti 5 tahun ke depan.

Ketua Panitia Pengarah (SC) Muscab Abu Rumkel menjelaskan, sesuai dengan AD/ART PPP, Muscab akan memilih 5 orang tim formatur yang nantinya akan memilih pengurus DPC PPP Kabupaten Teluk Wondama melalui mekanisme musyawarah mufakat.

Tim formatur sendiri terdiri dari 1 orang dari DPP, 1 dari DPW, 1 dari DPC dan 2 dari PAC.

“Jadi berbeda dengan partai lainnya, di PPP itu ketua tidak dipilih dalam Muscab. Muscab hanya memilih formatur yang nantinya mereka bermusyawarah untuk memilih ketua DPC dan pengurus. Karena itu maka tidak dibuka penjaringan calon ketua DPC, “jelas Rumkel di Wasior, Selasa (26/10).

Tim formatur memiliki waktu maksimal 20 hari untuk menentukan Ketua DPC serta badan pengurus. Jika dalam kurun waktu 20 hari belum ada kesepakatan maka penentuan Ketua DPC akan diambil oleh DPP.

“Pada prinsipnya semua anggota partai yang aktif memiliki hak untuk dipilih menjadi Ketua DPC PPP Wondama. Asalkan memenuhi syarat sebagaimana dalam AD/ART yaitu pernah menjadi pengurus sekurang-kurangnya satu masa bakti kepengurusan atau jika poin itu tidak terpenuhi maka poin B adalah pernah menjadi pengurus organisasi islam atau organisasi sayap yang berfusi dengan PPP, “terang Rumkel.

Ketua DPC PPP Kabupaten Teluk Wondama saat ini Munawar Jamalu menyatakan dirinya siap jika dipilih kembali untuk memimpin partai berlambang Kaba’h itu untuk periode kedua.

Namun demikian, Jamalu juga memastikan dirinya akan tetap mendukung siapapun yang akan terpilih nantinya.

“Sebagai kader saya pasti siap. Tapi jujur saya tidak ambisi, kalaupun ada kader lain yang memiliki potensi dan dia yang dipilih, saya pasti mendukung 100 persen,”ucap anggota DPRD Wondama itu.

Munawar berharap Muscab bisa menjadi momentum pembaharuan di tubuh PPP Kabupaten Teluk Wondama yang selama ini sudah berulang kali mengalami pasang surut. Perbaikan secara internal sangat penting untuk memastikan kesiapan menghadapi Pemilu Serentak pada 2024.

“Untuk di Papua Barat, Wondama yang pertama lakukan Muscab. Saya memang mengharapkan Muscab ini bisa menjadi titik balik untuk perbaikan PPP di Wondama dan bisa memberikan edukasi politik bagi para kader di Wondama dan juga harapannya bisa jadi contoh bagi kabupaten lain di Papua Barat, “ucap Jamalu.

Muscab PPP Wondama rencananya akan dibuka oleh Ketua DPW PPP Papua Barat Yasman Yasir. Rombongan dari DPP dan DPW dijadwalkan tiba di Wasior pada Rabu pagi ini.

Ketua Panitia Pelaksana Muscab Hj. Ratna Sila mengatakan hingga H-2 persiapan telah mencapai 85 persen.

“Ketua DPW bersama rombongan sudah konfirmasi mereka tiba di Wasior pada hari Rabu sehingga panitia sudah menyiapkan penjemputan. Untuk pengurus PAC juga sudah memastikan hadir dari 9 PAC yang ada yaitu Wasior, Teluk Duairi, Wondiboi, Rasiei, Kuri Wamesa, Roon, Windesi, Nikiwar dan Wamesa. Jadi kami pastikan Muscab siap dilaksanakan, “ucap Ratna. (Nday)

 

Pos terkait