Mambor Dorong PNS Wondama Ikut Komcad untuk Bentuk Mental dan Karakter Kuat dan Unggul

WASIOR – Bupati Hendrik Mambor menyatakan PNS Pemkab Teluk Wondama akan diikutsertakan dalam perekrutan personel komponen cadangan (Komcad) untuk mendukung pertahanan negara.

Pilihan pertama adalah kelompok CPNS formasi 2018 yang beberapa bulan lalu baru menyelesaikan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) CPNS.

Selanjutnya PNS lainnya yang masih berusia muda juga generasi muda Wondama lain yang berminat.

Mambor menilai Komcad merupakan sesuatu yang positif tidak saja dalam rangka bela negara tetapi juga penting untuk daerah karena menjadi wadah membentuk generasi muda agar memiliki mental dan karakter yang kuat dan unggul.

“Komponen pertama yang disiapkan adalah generasi muda kita. Kedua adalah para ASN. Kemarin baru prajabatan (Diklatsar) sebanyak 300 lebih yang mungkin perlu terus ditingkatkan karakter, kapabilitas mereka, mental dan karakter mereka perlu terus dibentuk, “kata Mambor usai mengikuti sosialisasi tentang Komcad secara virtual di Markas Kodim XVIII/Peradaban Teluk Wondama di Isei, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga :   Pulangkan Tambrauw, U-14 Wondama Juara Grup

Sesuai Undang-Undang nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI.

Komcad bersifat sukarela atau tidak wajib. Nantinya peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan selama 3 bulan dengan biaya sepenuhnya ditanggung negara melalui Kementerian Pertahanan.

Mambor pun menantang generasi muda Wondama termasuk di kalangan PNS untuk ikut serta dalam program Komcad.

“Sebagai kepala daerah saya mengimbau terutama kepada generasi muda, kalau saya usia 30-an, saya senang sekali untuk ikut yang begini. Jadi saya mengimbau generasi muda di Teluk Wondama, ini peluang untuk dilatih untuk memiliki karakter yang baik dan kuat, memiliki integritas yang kuat, “ujar bupati.

Komandan Kodim XVIII/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Saheri juga mendorong generasi muda Wondama dari berbagai kalangan untuk ikut serta dalam program Komcad.

Baca Juga :   GMP Dorong Satu Mei Sebagai Hajatan Penting Nasional

Saheri menargetkan setidaknya ada 100 pemuda-pemudi Wondama bisa ikut ambil bagian dalam rekrutmen Komcad pada tahun ini.

“Tadi kami mendengar (arahan dari Kemhan) dibutuhkan sekitar 200 orang (untuk Papua Barat dan Papua Barat Daya. Kalau dibagi 13 kabupaten/kota, ya minimal dari Wondama itu 100, “ujar Saheri.

“Ini tugas besar bagi kita semua untuk mengajak kepada pemuda-pemuda kita terutama ASN, Satpol, pegawai-pegawai yang baru dan honorer juga, “lanjut Dandim pertama Wondama. (Nday)

Pos terkait