Lima Hari Nihil Kasus Aktif, Kasus Covid-19 Kembali Muncul di Wondama, Anak 5 Tahun

  • Whatsapp

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama kembali melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19 baru setelah sempat lima hari mencatatkan nol kasus aktif.

Temuan satu kasus konfirmasi baru didapatkan pada Senin, 25 Oktober lalu. Kasus paling anyar itu adalah seorang anak kecil berusia 5 tahun yang beralamat di Distrik Wasior.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama dr Yoce Kurniawan dalam keterangan pers di Wasior, Rabu sore.

“Kita sebetulnya sudah 5 hari tidak ada kasus tambahan. Satu kasus baru ditemukan pada 2 hari yang lalu, anak usia 5 tahun. Setelah diketahui positif dan kita interaksi yang bersangkutan mau dirawat (di ruang isolasi RS) ditemani oleh ibunya,”jelas dr Yoce.

Dijelaskan, anak tersebut masuk ke RSUD dengan riwayat sesak napas. Setelah dilakukan pemeriksaan swab ternyata hasilnya positif corona. Kondisi pasien dikategorikan ringan hingga sedang sebab yang bersangkutan menggunakan oksigen untuk bantuan pernapasan.

Menindaklanjuti temuan kasus baru itu, pada Rabu pagi tim dari Puskesmas Wasior telah melakukan tracing terhadap 39 orang yang pernah kontak erat dengan yang bersangkutan.

“Hari ini (Rabu) 39 orang di sekitar lingkungannya yang di-tracing oleh Puskesmas Wasior. Tapi karena sampel datangnya agak siang hari tidak bisa diperiksa. Besok (Kamis) baru PCR-nya, mudah-mudahan hasilnya aman,”ujar Direktur RSUD Teluk Wondama itu.

Temuan kasus baru itu menunjukkan bahwa pandemi belum usai. Untuk itu masyarakat Wondama diharapkan tetap waspada dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir.

“Harapannya prokes itu menjadi kebiasaan baru. Harapannya kita-kita ini merasa aneh kalau di sekitar kita ada yang tidak pakai masker, bukan kita merasa aneh karena kita pakai masker. Karena prokes itu mudah untuk diucapkan tapi sulit untuk dilakukan,”pesan dr Yoce.

Dengan tambahan 1 kasus aktif baru maka status Kabupaten Teluk Wondama yang sebelumnya sudah turun ke zona kuning kembali naik menjadi zona merah.

Adapun secara komulatif, kasus Covid-19 di Wondama sampai dengan 27 Oktober 2021 adalah konfirmasi positif sebanyak 1.040, sembuh 1.019 dan meninggal dunia 20 orang. (Nday)

Pos terkait