Lagi, Empat Paslon Pilkada Wondama Deklarasikan Komitmen Patuhi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

WASIOR – Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Teluk Wondama kembali menyatakan komitmen untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19 dalam setiap tahan Pilkada 2020.

Komitmen itu ditegaskan ke-4 paslon yakni Elysa Auri-Fery Auparay (A2), Bernadus Imburi-Zeth Marani (BERIMAN), Paulus Indubri-Kuro Matani (IDAMAN) dan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT) dalam Deklarasi Upaya Pencegahan dan Penanganan Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pilkada 2020 yang digelar Bawaslu Teluk Wondama di Iriati, Wasior, Rabu (23/9/2020).

Ada 5 butir komitmen yang diikrarkan ke-4 paslon dalam deklarasi itu. Pertama, mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan di NKRI terutama PKPU nomor 10 tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020.

Kedua, Mematuhi peraturan Bawaslu RI nomor 4 tahun 2020 tentang Pengawasan Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19.

Ketiga, tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak yang melebihi ketentuan oleh penyelenggara pemilihan dan tidak melibatkan ibu hamil, anak-anak dan orang lanjut usia. Keempat, mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, memakai hand sanitizer dan mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Serta kelima, bersedia menerima konsekuensi hukum terhadap pelanggaran isi deklarasi.

Ketua Bawaslu Menahen Sabarofek berharap dengan deklarasi itu semua paslon sungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada 2020.

“Harapannya dalam Pilkada 2020 setiap paslon dan pendukung tetap mengedepankan protokol kesehatan agar Pilkada ini benar-benar menjadi Pilkada yang sehat aman dan damai, “kata Mena, demikian panggilan karib Ketua Bawaslu Wondama.

Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru dalam kesempatan itu juga mengingatkan paslon dan tim pemenangan agar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan demi memastikan Pilkada 2020 aman dari Covid-19.

“Jangan sampai Pilkada ini membawa duka karena itu kami harapkan setiap paslon konsisten menjalankan protokol kesehatan agar kita bisa mewujudkan Pilkada yang sehat. Karena bagaimanapun keselamatan rakyat adalah hal yang utama, “kata Kapolres Ndaru.

Adapun sebelumnya empat paslon Pilkada Wondama telah menandatangani Pakta Integritas terkait penerapan protokol kesehatan yang diinisiasi oleh Polda Papua Barat dan Polres Teluk Wondama. (Nday)

Pos terkait