Kriminalitas Meningkat Selama Pandemi Covid-19, Polres Wondama Terima 10 Laporan Pencurian

  • Whatsapp

WASIOR – Angka kriminalitas di Kabupaten Teluk Wondama khususnya di kota Wasior dan sekitarnya selama masa pandemi virus corona atau Covid-19 mengalami peningkatan. Kapolres AKBP Danang Sarifudin mengungkapkan dalam dua pekan pertama bulan April, Polres Teluk Wondama telah menerima 10 laporan tindak kejahatan.

“Dari evaluasi selama 2 minggu pertama April, kami mengevaluasi tingkat kriminalitas naik dari yang tidak ada menjadi ada 10 laporan polisi yang semuanya adalah pencurian, “ kata Danang di Mapolres di Isui, Jumat.

Menurut Kapolres dari kajian awal yang dilakukan, tindakan pencurian yang terjadi umumnya dilatarbelakangi persoalan ekonomi sebagai dampak dari Covid-19.

“kita tidak bisa pungkiri ketika banyak orang mendapatkan situasi hilang pekerjaan, penghasilan menurun bahkan pengangguran akan menimbulkan persoalan baru. Kami yakin niat dan tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok, “ ujar Danang.

Oleh karena itu pihaknya akan menyampaikan data tersebut kepada pemerintah daerah agar bisa ditindaklanjuti dengan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak virus corona.

“ Ini jadi catatan bagi kami dari pihak aparat dan akan kami sampaikan ke Pemda untuk segera memperhatikan warga yang kehilangan pekerjaan karena di-PHK, perusahaan tutup atau proyeknya sementara tutup dan sebagainya untuk segera diberikan bantuan, “ sebut Danang.

“Karena dengan bantuan itulah sedikit banyak bisa membantu meringankan beban dari warga yang ada. Karena urusan perut itu nggak bisa ditunda, “ lanjut perwira asal Jawa Tengah ini.

Berkaitan dengan itu, Kapolres menambahkan, sejak pertengahan April lalu pihaknya bersama TNI telah membuka dapur umum guna menyiapkan makanan siap saji untuk dibagikan secara gratis kepada warga terdampak Covid-19 di kota Wasior.

“Kami dari kepolisian sudah buat dapur umum yang juga bahannya hasil sumbangan dari masyarkat, kami terima kasihs sekali, dengan itu kami berniat meringankan walupun cuma sedikti tapi itu kami bisa meringankan beban masyarakat dari ekses virus corona ini, “ pungkas Danang. (Nday)

Pos terkait