KPU Wondama Klaim Ratusan Data Ganda dan Anomali dalam DPT sudah Dibersihkan

  • Whatsapp

WASIOR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menyatakan semua temuan data pemilih ganda maupun data anomali dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP) untuk Pemilu 2019 telah dibersihkan.
Ketua KPU Teluk Wondama Monika Elsy Sanoi mengatakan pihaknya bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat telah melakukan kroscek dan pembersihan terhadap 200 lebih data ganda dalam DPTHP hasil temuan KPU RI.
“Sudah 100 persen data ganda diselesaikan oleh (Dinas) Capil. Sudah diberi tanda-tanda oleh Capil jadi tinggal kita keluarkan. Temuan ada data ganda itu ada data ganda antar provinsi dan data ganda kabupaten, “ jelas Monika usai rapat koordinasi penyempurnaan DPTHP-1 bersama Bawaslu dan Parpol di kantor KPU Wondama, baru-baru ini.
Termasuk 309 data anomali temuan KPU RI. Yang dimaksud data anomali antara lain NIK yang tidak cocok dengan tanggal lahir maupun NIK yang tidak sesuai dengan kode NIK Teluk Wondama dengan angka depan 92.
“Kesepakatan dari Parpol data ganda dan data anomali itu dianggap sudah selesai karena sudah diselesaikan Capil. Tinggal kita himbau Parpol untuk ikut mencermati yang alih status, yang meninggal dunia dan yang sudah terdaftar tapi belum cukup umur atau pemilih yang TMS (tidak memenuhi syarat) juga pemilih baru, “ ucap Monika.
KPU Teluk Wondama sebelumnya menetapkan DPT untuk Pemilu 2019 sebanyak 24.434 pemilih. Setelah dilakukan penyempurnaan sesuai rekomendasi Bawaslu kemudian ditetapkan DPTHP sebanyak 25.300 pemilih.
Ketua DPD Partai NasDem Teluk Wondama Kuro Matani berharap KPU secepatnya memastikan daftar pemilih tetap sehingga bisa menjadi pedoman bagi setiap parpol maupun calon legislator dalam menyusun strategi pemenangan. (Nday)

Baca Juga :   Syamsuddin Alimsyah Hadiri Wawancara di PDI Perjuangan

Pos terkait