Kodim Teluk Wondama Diresmikan, Letkol Saheri Dandim Pertama

WASIOR – Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema, Selasa pagi (25/10) meresmikan Kodim 1811/Teluk Wondama.

Pangdam juga sekaligus melantik dan mengukuhkan Letkol Inf Saheri sebagai Komandan Kodim (Dandim) pertama Teluk Wondama.

“Pada hari ini, Selasa, 25 Oktober 2022, pukul 09.25 WIT, satuan Kodim 1811/Teluk Wondama, Korem 182/ Jazirah Onim saya nyatakan diresmikan, “ucap Pangdam Kasuari dalam apel peresmian yang dipusatkan di halaman Makodim di Rasiei, Distrik Rasiei.

Pangdam Kasuari menyatakan pendirian Kodim akan diikuti dengan pengembangan Koramil dan perangkat pendukung lainnya sehingga Kodim Teluk Wondama dapat dioperasionalkan secara optimal.

“Dengan harapan keberadaan Kodim ini nantinya dapat mendorong pemerintah Kabupaten Teluk Wondama dalam melakukan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Teluk Wondama yang kita cintai bersama, “kata Pangdam dalam sambutannya.

Baca Juga :   Umat Katolik Wasior Gelar Prosesi Minggu Palma

Jenderal bintang dua itu juga berharap kehadiran Kodim di Teluk Wondama dapat memberikan kontribusi positif dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Dia juga berpesan kepada seluruh prajurit Kodim 1811/Teluk Wondama agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya dan tetap menjaga hubungan baik dengan semua elemen masyarakat.

“Laksanakan deteksi dini dan cegah dini setiap permasalahan yang dihadapi di wilayah ini dan hendaknya dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan tuntas serta tidak menimbulkan dampak yang merugikan masyarakat maupun aparat sendiri, “pesan Pangdam asal NTT itu.

 

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor atas nama masyarakat menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas peresmian Kodim Teluk Wondama.

Mambor meyakini hadirnya Kodim akan membawa dampak positif bagi roda pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan juga keberlangsungan pembangunan di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu.

Baca Juga :   Jalin Persatuan dengan Masyarakat, DPC PPP Wondama Gelar Buka Puasa Bersama

“Kita bersyukur kita telah resmi memiliki Kodim sendiri yang tentunya kita pahami dengan kehadiran Kodim ini pastinya akan bersinergi dengan pemerintah dan semua stakeholder yang ada untuk melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Teluk Wondama, “ujar bupati.

Sebagai Dandim pertama, Letkol Saheri mengharapkan dukungan dari Pemda dan semua elemen masyarakat Teluk Wondama agar bisa mengemban tugas dengan baik dan sukses.

“Saya memohon dukungan dari semua elemen masyarakat, unsur Pemda untuk membantu tugas Kodim 1811/Peradaban Teluk Wondama, “ujar Saheri yang sudah 6 bulan menjabat Dandim Persiapan.

Dalam kesempatan itu Pangdam Kasuari memutuskan memberi nama Kodim Teluk Wondama dengan nama baru yakni Kodim 1811/Peradaban Teluk Wondama.

Nama tersebut merupakan usulan dari bupati Hendrik Mambor mengacu pada waktu peresmian Kodim yang bertepatan dengan 97 tahun lahirnya Peradaban Orang Papua di Teluk Wondama, tepatnya pada 25 Oktober 1925 di Bukit Aitumeri, Miei Wasior.

Baca Juga :   Kapolres Wondama Pimpin Ziarah Laut Jelang HUT RI ke-77

Selain pejabat Pemkab Teluk Wondama bersama para tokoh masyarakat dan tokoh adat, peresmian Kodim Teluk Wondama dihadiri oleh sejumlah pejabat antara lain Komandan Korem (Danrem) 182/Jazirah Onim Kolonel Inf Hartono.

Ikut hadir sejumlah pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari diantaranya Asops Kodam Kolonel Inf Ade David Siregar, Asintel Kodam Kolonel Inf Andi Gus Wulandari dan Aster Kodam Kolonel Inf Tamimi Hendra Kesuma. Juga Asrendam Kolonel Inf Stefanus Satrio Aribowo. (Nday)

 

Pos terkait