Kepala Kampung di Manokwari Mengeluh Dana Otsus tak Cair

  • Whatsapp

MANOKWARI- Sejumlah kampung mengeluhkan tentang proses pencairan dana otonomi khusus yang sudah lama tidak diberikan dari pemerintah daerah. Salah satunya, Kepala Kampung Acemo Distrik Manokwari Selatan, Alfius Mansim.

“Kami sudah tidak menerima dana Otsus dari pemerintah Kabupaten sejak tahun 2016 lalu, meski beberapa kali kami pertanyakan dalam setiap kegiatan namun jawaban dari Pemda, belum dikirim dari pusat,” kata Alfius Mansim, Rabu (08/01/2020).

Ia bahkan menyebut, bukan hanya Kampung Acemo, ada juga beberapa kampung yang memiliki nasib yang sama, belum diberikan dana otonomi khusus.

“Biasanya diberikan per triwulan itu Rp100 juta turun ke kampung,” ucap Alfius.

Terpisah, Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengatakan penyebab belum diberikan dana Otsus karena sejumlah kampung belum memberikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).

“Kendala itu laporan pertanggung jawaban mereka (kepala kampung) itu sendiri,” kata Demas Mandacan.

Demas kemudian menyebutkan saat ini sudah ada lagi pencairan dana Otsus ke kampung-kampung karena yang saat ini ada hanya dana desa.

“Kalau kampung tidak ada dana Otsus yang ada dana desa. Otsus dikelola oleh Pemda melalui program kegiatan,” jawab Demas melalui pesan WhatsApp.(AD)

Pos terkait