Kemenkominfo Bersama Siberkreasi Menyelenggarakan Webiner Tips Branding di Sosial Media Untuk Komunitas di Wilayah Maluku dan Papua

JAYAPURA, Kabartimur.com- “Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi secara konsisten telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang untuk memaksimalkan ruang digital sekaligus meminimalkan dampak negatif dari internet seperti hoax,perundungan, kekerasan seksual, dan kejahatan digital lainnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, saat membuka acara webinar literasi digital, (19/10/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam perjalanan Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. 

Baca Juga :   Bupati Haltim Minta Seluruh OPD Segera Membuat Laporan LKPD Tahun 2021

Jhonny menyebut, Survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3.49. Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46.

‘Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat” ujarnya.

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Maluku dan Papua untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”.

Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Maluku dan Papua, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Baca Juga :   Wondama dapat Penghargaan dari KemenPANRB, Pj Bupati : Jangan Berpuas Diri, Jaga Disiplin agar Kita Naik Kelas

Lanjutan rangkaian kegiatan webinar literasi digital bagi masyarakat komunitas Maluku dan Papua bulan Oktober ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Oktober 2022 pada pukul 10.00 – 12.00 WIT dengan tema “TIPS DIGITAL: BRANDING DI SOSIAL MEDIA”.

Webinar ini menghadirkan Pradipta Nugrahanto, CEO & CO-Founder Paberik Soeara Rakjat & Praktisi Literasi Digital; Rizki Ardi Nugroho, Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; serta Tio Utomo, Market Editor FIFA+ & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber.

Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan menggunakan platform Zoom Meeting dan anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://event.literasidigital.id/daftar/24881 

Sementara E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi. (Red/*)

Baca Juga :   Layani Pemberkatan Nikah Pasutri Lansia, Pdt. Esra Rindu Mengaku Kagum

Pos terkait