Kadin Toraja Minta Pemerintah Perhatikan Pengusaha Kecil

  • Whatsapp

TORAJA UTARA-kabartimur.com. Kembali Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara angkat bicara terkait pemberdayaan, utamanya bagi rekanan (kontraktor) kecil, dengan masuknya kontraktor besar di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Urara soal kerjasama, misalnya sub proyek yang bisa dikerjakan oleh kontraktor daerah.

Menurut ketua Kadin Wilson Abdullah, selama ini belum ada kebersamaan antara kontraktor besar dan kecil, padahal kontraktor besar yang mendapat pekerjaan di Toraja mestinya tetap memperhatikan rekanan lokal, dengan shering pekerjaan yang bisa disub oleh rekanan dari daerah.

“Kontraktor lokal memiliki izin usaha tentunya, mereka membayar pajak, jika keberadaan mereka kurang diperdayakan usaha mereka kemungkinan tidak jalan, akibat terbenturnya pembayaran pajak dan sudah tentu CV nya tutup ini sangat disayangkan,” kata Wilson, baru baru ini saat memberikan keterangan pers sama awak media ini.

Guna menghidupkan rekan- rekan kontraktor daerah, ini juga semestinya menjadi perhatian pihak Pemerintah terkait upaya Pemerintah mempercayakan kontraktor kecil agar tetap bisa berjalan serta CV yang mereka miliki tetap berjalan dengan baik.

Di Toraja saat ini jumlah kontraktor kecil ratusan yang perlu mendapat perhatian pemerintah guna memperdayakan mereka.Tentunya rekanan yang telah diberikan pekerjaan tetap memperhatikan kwalitas proyek,”ucapnya.

Sambung Wilson kembali, anggunan yang dimaksud terkait pihak Bank mengucurkan kredit kepada pengusaha kecil dengan nominal sebesar 25 juta rupiah tanpa jaminan namun bukti memiliki usaha, dengan izin usaha masih berlaku.

Jadi, jika itu berjalan dengan baik, Ketua Kadin yakin upaya menimalisasi adanya beberapa pedagang kecil maupun kontraktor kecil agar tidak terjerat rentenir dapat dinimalisasi.”Perlu kami tegaskan, sebaiknya setiap usaha berbadan hukum beroperasi di Toraja, apakah itu kontraktor atau badan usaha lainnya, wajib mereka melengkapi izin usaha serta izin gangguan sehingga hal itu mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD)”,kata Wilson.

Akhir wawancara Ketua Kadin Toraja Utara dan Tana Toraja, sudah semestinya pemerintah memperdayakan kontraktor kecil .Begitupun maraknya koperasi saat ini beroperasi, itu perlu dilakukan penertiban termasuk beberapa koperasi yang menerima bantuan pemerintah sebaiknya dilakukan audit guna pertanggungjawaban bantuan negara tersebut,”kuncinya.(John Brahman).