Jalan Protokol Manokwari Akan Diperlebar Tiga Puluh Tiga Meter

  • Whatsapp

MANOKWARI- Guna memperlancar akses kendaraan Sejumlah ruas jalan protokol dalam kota Manokwari akan dilebarkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala dinas PUPR kabupaten Manokwari melalui kepala Bina marga , Istirja P. Siregar, ST pada acara pertemuan sosialisasi dengan warga yang terdampak pembangunan tiga (3) Ruas Jalan yang akan dibangun oleh pemerintah daerah kabupaten Manokwari.

Ketiga Ruas yang dimaksudkan yakni ruas jalan Sujarwo Condronegoro, Jalan Pahlawan (Samping Kantor DUKCAPIL-hotel Valdos- Wosi Pantai, dan jalan Hj Bauw- jln Pahlawan.

Dalam penyampaiannya Istirja mengungkapkan bahwa Pemerintah daerah Manokwari melalui dinas PUPR pada bidang bina Marga terkait pelebaran jalan Sujarwo Condronegoro akan dilebarkan dari satu sisi kiri dengan lebar badan jalan 33 meter dengan existing yang ada.

Selain itu juga , pada ruas Jln Hj Bauw akan dilakukan pelebaran 33 meter dan sebagian jalan percontohan dilakukan pada satu sisi saja.

Istirja menjelaskan bahwa proses Pelebaran jalan tersebut pihaknya sedang melakukan sosialisasi untuk mengindentifikasi terkait pelaksanaan dan hal-hal warga yang terkena dampak pelebaran jalan tersebut.

Olehnya itu pihaknya meminta dukungan penuh bagi warga yang terkena dampak untuk bekerjasama dengan baik sehingga pemerintah bisa melakukan penghitungan ganti rugi dan selanjutnya dirumuskan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan dan kemudian dilakukan pelebaran jalan.

Istirja menyebut , untuk kajian pelebaran jalan Pemda Manokwari menggandeng tim Universitas Papua (UNIPA).

Senada disampaikan oleh Ketua tim pusat penelitian lingkungan UNIPA bahwa untuk melakukan kajian dengan pelebaran jalan
Ada dua dokumen yang harus disusun yakni dokumen studi kelayakan yang akan dilihat mengenai kelayakan rumah dan lokasi , jika layak akan diteruskan dokumen kelayakan tanah yang berhubungan dengan anggaran yang disiapkan oleh Pemda Manokwari.

“Kami dari tim UNIPA meminta dukungan agar warga yang terdampak bisa menerima dan memberikan informasi kepada tim dalam melakukan kajian kelayakan tersebut” harapnya.(Red)