Jaga Kebersihan Pantai Pasir Putih, Bupati Manokwari Serahkan 2 Unit Kendaraan Motor Tiga Roda

Manokwari, kabartimur.com- Pemerintah kabupaten Manokwari berharap agar setiap objek wisata yang ada di Manokwari kebersihannya tetap terjaga dan bebas dari sampah.

Sehubungan dengan itu, Bupati Manokwari Hermus Indou didampingi Plt. Kadis DLHP dan Kabid Persampahan kabupaten Manokwari menyerahkan 2 unit kendaraan motor tiga roda di Pasir Putih, sabtu (23/9/2023) dan berharap bantuan yang diserahkan sebagai sarana pengangkut sampah dikawasan pariwisata pasir Putih bisa beroperasi di kawasan objek wisata dan bisa dikelolah secara maksimal dalam menjaga kelestarian kawasan agar tetap memiliki daya tarik wisatawan terutama wisatawan lokal yang mengunjungi pasir putih dan menikmatinya dengan rasa nyaman dan aman karena bebas dari sampah.

Bacaan Lainnya

Pihaknya berharap kepada masyarakat dipasir putih secara khusus kepada kelompok karang taruna penerima bantuan bisa menjaga bantuan kendaraan yang diberikan dengan baik serta merawat agar kendaraan bisa beroperasi dengan baik pula.

Baca Juga :   Perdasus Pengangkatan DPR Papua Barat Jalur Otsus Kembali Diselaraskan

Bupati menghimbau agar petugas mengumpulkan sampah ke tempat penampungan sementara untuk selanjutnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta dengan adanya bantuan kendaraan sampah di objek wisata berkurang dan bisa dikumpulkan ke bak sampah.

Bupati menambahkan agar kelestarian lingkungan pasir putih merupakan tanggungjawab bersama bukan hanya pemerintah tetapi peran aktif seluruh masyarakat sangat dibutuhkan.

Sehubungan dengan itu pula demi pengembangan wisata di Manokwari pemerintah terus berupaya agar kebersihan menjadi prioritas dan telah membentuk satgas yang nantinya akan bertugas di darat maupun di laut.
“Untuk pasir putih kita akan bentuk tim 10 orang yang akan bertugas dan akan dibagi Sif Pagi dan Sore hari dan berharap pasir putih menjadi objek yang dekat dengan pusat kota menjadi pilihan utama masyarakat berekreasi” Terang bupati.

Baca Juga :   Liga Pelajar se-Papua Barat, Dominggus Tekankan Pembinaan Usia Muda Harus Dilakukan dengan Manajemen yang Baik

Selain objek wisata pasir putih, pemerintah juga berupaya agar objek wisata lainnya seperti Pulau Mansinam, Gunung Meja, Pantai Petrus Kafiar, dan Bakaro serta untuk jangka panjang Pantai Kaironi di Sidey dan Kampung Mokwan dengan wisata burung Pintar akan menjadi program stratehis pemda Manokwari bdalam memajukan wisata di Manokwari sebagai ibukota provinsi Papua Barat.

Pihaknya berharap agar semua objek wisata yang akan dikembangkan pemerintah daerah di Manokwari bisa bersinergi dengan pihak lainnya untuk berperan aktif baik itu swasta maupun masyarakat untuk tidak menjadi penonton namun mampu memberikan sumbangsih demi kemajuan Manokwari lebih baik dalam pengembangan dan pemanfaatan objek wisata yang akan bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakat dan pemerintah akan berupaya meningkatkan kapasitas kemandirian ekonomi dan Piskal sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.(Red/*)

Baca Juga :   Komisi A DPRD Manokwari Harap Fasilitas di BLUD RSUD Manokwari Dibenahi

Pos terkait