HUT TNI Ke-76 Diisi Penanaman Pohon dan Bersih Sampah untuk Wondama Bersih dan Hijau

  • Whatsapp

WASIOR – Aksi peduli lingkungan dengan penanaman pohon dan pembersihan sampah menandai peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-76 di Kabupaten Teluk Wondama.

Wakil Bupati Andarias Kayukatuy memimpin langsung kegiatan yang dilakukan secara serentak di tiga wilayah yakni Distrik Wasior, Wondiboi dan Rasiei, Selasa pagi (5/10).

Aksi peduli lingkungan itu juga dilakukan untuk mengenang 11 tahun bencana banjir bandang yang meluluhlantakkan kota Wasior, 4 Oktober 2010 silam.

Kegiatan itu melibatkan sejumlah elemen antara lain TNI/Polri, PNS, komunitas pencinta lingkungan (Kompling), pelajar SMP dan SMA, Pramuka serta masyarakat umum.

Ikut mendampingi Wabup, Ketua DPRD Herman Sawasemariai, Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1801 Manokwari Mayor Inf Arry, Danramil Wasior Kapten Katwadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Simson Samberi serta Ketua Kompling Rais Rasyid.

Penanaman pohon dipusatkan di kebun percontohan milik Pemerintah Kampung Maniwak, di Karumatiri, Distrik Wasior.

Wabup bersama para pejabat terkait menanam pohon buah-buahan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon hias di sepanjang median Jalan Raya Wasior-Rasiei oleh para pelajar, pramuka dan masyarakat.

Dinas LH dan Pertanahan mengklaim menyiapkan 5.000 bibit pohon untuk ditanam di wilayah kota Wasior dan sekitarnya. Pada saat yang sama dilakukan pembersihan sampah di sepanjang jalan utama kota Wasior juga di Distrik Wondiboi dan Rasiei.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Andi Kayukatuy mencanangkan kawasan Ibukota Teluk Wondama yang meliputi Wasior, Wondiboi dan Rasiei sebagai wilayah yang bersih dan hijau.

Dia mengajak semua warga masyarakat untuk mewujudkan Teluk Wondama yang bersih indah dan hijau.

“Saya berharap kita menanam pohon untuk menghijaukan Ibukota Teluk Wondama ini karena kita semua tahu bahwa Ibukota Teluk Wondama sebagian kawasannya adalah kawasan lindung yang perlu kita lindungi.

Karena jika kita tidak lindungi maka terbuka peluang terjadinya banjir dan longsor. Oleh karena itu mari kita sama-sama jaga lingkungan di mana kita berada yaitu ibukota dari bahaya bencana alam, “ucap Andi.

Perwira Penghubung Kodim 1801 Manokwari di Teluk Wondama Mayor Inf Arry mengapresiasi inisiatif komunitas peduli lingkungan di Wondama yang bersama dengan Dinas LH dan Pertanahan menyelenggarakan aksi peduli lingkungan dalam rangka HUT TNI ke-76.

Mayor Arry berharap aksi tersebut bisa membangkitkan semangat cinta lingkungan sehingga Kabupaten Teluk Wondama khususnya kota Wasior dan sekitarnya bisa menjadi kota yang bersih indah dan hijau. Serta terhindar dari bencana alam seperti banjir dan longsor.

“HUT TNI ke-76 ini kita lakukan dengan penanaman pohon. Kita mengurangi daripada bencana alam yang pernah terjadi di Kabupaten Teluk Wondama,”ujar Arry.

Pada bagian akhir aksi peduli lingkungan dilakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung terwujudnya Wondama yang bersih, indah dan hijau melalui kegiatan Jumpa Berlian yaitu Jumat Pagi Bersih Lingkungan.

“Bapak Bupati sudah menandatangani edaran tentang Jumpa Berlian yang akan kita lakukan secara bersama-sama satu kali dalam sebulan. Ini menjadi upaya kita untuk mewujudkan Wondama yang bersih dan hijau, “ucap Simson Samberi, Kepala Dinas LH dan Pertanahan. (Nday)

Pos terkait