HUT Polantas ke-66, Satlantas Polres Wondama Ingin Wujudkan Budaya Tertib Lalu Lintas dan Sadar Prokes

  • Whatsapp

WASIOR – Satuan Lalu Lintas Polres Teluk Wondama memaknai Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas yang ke-66 dengan bertekad mewujudkan masyarakat Wondama yang tertib berlalu lintas serta sadar protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Meski bukan perkara mudah, jajaran Satlantas Polres Teluk Wondama akan terus berupaya membentuk kedisiplinan masyarakat dalam berkendara sehingga diharapkan akan terbentuk budaya tertib lalu lintas.

“Harapan kita seperti itu tapi kalau tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat ya memang agak kesulitan. Jadi kita harapkan peran serta masyarakat maupun pemerintah untuk mendukung, “ujar Kasat Lantas Polres Teluk Wondama Iptu Hanny Salamena di sela Operasi Patuh Mansinam 2021 di depan Mapolres di Isui, Kamis (23/9).

 

Selain melalui operasi di lapangan seperti Operasi Patuh Mansinam 2021 yang sekarang ini berjalan, upaya membangun kesadaran berlalu lintas juga dilakukan Satlantas Polres Wondama melalui pembinaan dan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Antara lain dengan menggelar pelatihan keterampilan mengemudi yang melibatkan komunitas ojek di kota Wasior, sosialisasi tertib lalu lintas ke kalangan pelajar termasuk menggandeng komunitas motor juga dengan pemerintah kampung/desa untuk mengkampanyekan tertib lalu lintas.

 

“Jadi betul-betul kita harapkan kesadaran masyarakat sendiri sehingga semakin disiplin dalam berlalu lintas sehingga Wondama ini semakin tertib dan bisa menekan kecelakaan lalu lintas. Dan di era pandemi Covid-19 ini kami juga berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ketika berkendara, “kata Salamena.

Secara organisasi, Satlantas Polres Teluk Wondama masih dihadapkan dengan banyak kekurangan baik personil maupun sarana dan prasarana pendukung. Kendati begitu, jajaran Satlantas tetap berupaya menampilkan kinerja terbaik.

“Untuk personil untuk ukuran Polres memang kurang, tidak memenuhi kuota yang ditetapkan. Tapi ya kita berusaha dengan personil yang ada ini kita berdayakan mereka untuk bisa memelihara ketertiban di bidang lalu lintas,”ucap perwira yang sebelumnya bertugas di Polres Manokwari.

Hari Jadi Polantas yang ke-66 yang jatuh pada 22 September mengusung tema ‘Polisi Lalu Lintas yang Presisi Tangguh dan Bertumbuh di Era Kenormalan Baru.’

Jajaran Satlantas Polres Wondama menandai penambahan usia Polantas dengan menggelar syukuran sederhana bersama seluruh jajaran Polres Teluk Wondama.

Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru bersama Wakapolres Kompol Lang Gia hadir langsung dalam syukuran yang diisi dengan acara potong tumpeng. (Nday)

Pos terkait