HUT Pattimura Ke 206 di Manokwari Diharapkan Menjadi Simbol Kebangkitan Anak -anak Maluku

MANOKWARI, kabartimur.com- “Saya sangat mengapresiasi seluruh pelaksanaan kegiatan hari Pattimura ke 206 tahun 2023 yang telah dilaksanakan di Manokwari. Kiranya ini menjadi simbol semangat kebangkitan anak-anak Maluku untuk terus bersatu dan dapat melakukan kerja-kerja nyata mendukung pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Hal ini diungkapkan bupati Manokwari dalam sambutannya yang diwakili oleh asiten II, Harjanto Ombesapu pada acara resepsi perayaan HUT Pattimura ke -206 tahun 2023 di Manokwari, senin (15/5/2023) di Cafe Coisi Key Jl Taman Ria Rendani Manokwari.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Manokwari, pihaknya memberikan ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada ketua dan segenap jajaran pengurus dan panitia peringatan Hut Pattimura ke 206 tahun 2023 di Manokwari, yang telah menginisiasi sekaligus melaksanakan kegiatan positif ini.

Sebagaimana Cerita heroiknya perjuangan Kapitan Pattimura laki-laki kabaresi bersama rakyat Maluku saat melawan penjajah di 206 tahun lalu , adalah sikap kepahlawanan sejati yang merupakan jati diri anak negeri dalam memperjuangkan hak kehidupan kemerdekaan dan kebebasan dari penjajah.

Baca Juga :   Dinkes Manokwari Minta Masyarakat Bawa Anaknya Ikut Pemberian Vaksin Ori Difteri Tahap Akhir

“Dengan demikian dalam diri setiap masyarakat Maluku yang berada di perantauan terutama di Kabupaten Manokwari haruslah tertanam sikap patriotisme tersebut.

Perjuangan Kapitan Pattimura hingga ke 206 tahun 2023 kiranya menjadi Catatan sejarah bagi bangsa dan negara yang harus dikenang dan disebarluaskan serta disosialisasikan kepada generasi muda masa kini dan yang akan datang.

Kiranya semangat nilai luhur perjuangan Pattimura seperti rela berkorban, pantang menyerah dan bekerja keras hendaknya dapat menggugah hati untuk memperkokoh dan meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan serta kerukunan orang Maluku meski di tanah rantau.

Kepada seluruh basudara warga Maluku yang ada meski jauh dari negeri para raja mari bersama terus berjuang maju dan cerdas serta mampu berdaya saing demi kemajuan Maluku meski di perantauan.

Hal ini sebagai janji Kapitan Pattimura Jalan kepergiannya yakni Pattimura tua boleh sirna tetapi akan bangkit Pattimura Pattimura mudah untuk meneruskan perjuangan, harus menjadi penyemangat untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku dan suku-suku lainnya di tanah Papua.

Baca Juga :   Bupati :Satpol PP  Macam Tidak Ada “Gigi”

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Maluku di Tanah ini yang berasal dari ujung Halmahera sampai Tenggara jauh, agar kedepan semakin sulit dan terus bersatu bergerak maju bersama suku-suku lainnya di tanah Papua secara khusus menjadikan Manokwari Kota bersama, dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan adat dan budaya.

“Kepada basudara Katong samua baku gandeng majukan Tanah Papua, Kabupaten Manokwari dan terus maju pantang mundur” lawamena hau lala, potong di kuku rasa di daging ale rasa beta rasa, dan saling salempeng di patah dua” Mari kita bergandengan tangan mewujudkan Kabupaten Manokwari menjadi pusat peradaban di tanah Papua dan ibukota provinsi Papua Barat yang religius, berbudaya, berdaya saing, Mandiri dan sejahtera” Pungkasnya.

HUT Pattimura ke 206 di kabupaten Manokwari, panitia melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan yakni kegiatan bahkti sosial di TMP, lari obor, siarah di TMP, dan acara syukuran resepsi.(Red/*)

Baca Juga :   Komitmen Penegak Hukum di Manokwari Terkait Dugaan Penambangan Ilegal Dipertanyakan

Pos terkait