Hasil Swab 11 PDP Negatif, Ancaman Transmisi Lokal Covid-19 di Wondama Belum Berakhir

  • Whatsapp

WASIOR – Kabar baik lagi untuk masyarakat Kabupaten Teluk Wondama. Hasil pemeriksaan PCR atas swab tenggorokan milik 11 pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Teluk Wondama seluruhnya dinyatakan negatif virus corona atau Covid-19.

Hasil itu diumumkan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr. Yoce Kurniawan di Wasior, Minggu sore (7/6/2020).
Adapun ke-11 PDP itu terdiri dari 4 orang hasil tracing pasien positif Covid-19 di Pasar Sore Waskam, Pasar Iriati dan kompleks Yapis Iriati serta 7 warga lain yang berstatus sebagai OTG alias orang tanpa gejala.

Meskipun hasil swab ke-11 PDP itu negatif corona, dr. Yoce mengingatkan hal itu belum bisa menjamin ancaman transmisi lokal pasca adanya 3 kasus positif di Wondama belum sepenuhnya berakhir. Seperti diketahui 3 kasus positif di Wondama yang berasal dari klaster Gowa merupakan kasus impor.

“Sekali lagi walaupun belum bisa dibuktikan adanya transmisi lokal tetapi ancaman transmisi lokal belum hilang karena masih ditemukan kasus PDP baru, “ tulis dr Yoce dalam pesan whatsapp yang diterima Minggu sore.

Dia menjelaskan satu kasus PDP baru ditemukan per 7 Juni 2020 dari hasil skrining pasien masuk di RSUD Teluk Wondama di Manggurai. Yang bersangkutan menunjukkan reaktif Covid-19 melalui pemeriksaan rapid test.

“Sesuai alur RS, untuk setiap pasien yang akan rawat inap wajib tes rapid Covid-19, “ kata Direktur RSUD Teluk Wondama itu.

Sejauh ini Gustu Covid-19 Wondama telah mengirimkan 50 sampel swab untuk diperiksa dengan hasil 47 negatif dan 3 positif. Adapun kondisi tiga pasien positif yang kini sudah 14 hari menjalani perawatan di RS dilaporkan semakin membaik sehingga diyakini akan segera sembuh. (Nday)

Pos terkait