Hasil Pileg Wondama, Golkar Juara, Perindo Tumbangkan NasDem

  • Whatsapp

WASIOR – KPU Teluk Wondama, Papua Barat secara resmi telah menetapkan rekapitulasi perolehan suara Pemilu Serentak 2019 dalam rapat pleno selama 6 hari yang berakhir pada Minggu (5/5) malam.

Hasilnya, Partai Golongan Karya menjadi pendulang suara terbanyak pemilu legislatif 2019 di Kabupaten Teluk Wondama. Golkar mengumpulkan total 2.959 suara pada tiga daerah pemilihan di Wondama. Terbanyak di dapil 1 yakni 1.564 suara.

Partai nomor urut 4 itupun dipastikan akan mendapatkan tiga kursi DPRD periode Teluk Wondama 2019/2024 yang tersebar merata pada 3 dapil. Berstatus sebagai pemenang Pileg, partai beringin itu hanya tinggal menunggu pengesahan untuk mendapatkan kursi Ketua DPRD untuk periode 5 tahun ke depan.

PDIP berhasil meloloskan 3 wakilnya ke DPRD Wondama. Partai nomor urut 3 itu meraih total 1.913 suara. Perindo membuat kejutan besar dengan berhasil meraih tiga kursi. Partai nomor urut 9 itu mendulang 1.479 suara.

Dari daftar perolehan suara diketahui ada 13 wajah baru yang akan menjadi wakil rakyat Wondama 5 tahun ke depan. Itu berarti hanya ada 7 nama lama yang masih bertahan.

Dari perolehan suara yang ada, sebanyak 10 parpol bisa dipastikan mendapatkan kursi DPRD. Dibelakang tiga partai di atas yang memperoleh 3 kursi, ada Hanura, Gerindra, PPP, PKS yang mendapatkan 2 kursi. Sementara Nasdem, PKPI dan Demokrat masing-masing mendapatkan 1 kursi.

Perindo menjadi satu-satunya partai baru yang berhasil menembus dominasi partai lama. Sebut saja NasDem yang pada periode 2014/2019 mendapatkan 3 kursi dan berhak atas posisi ketua DPRD, kini harus rela kehilangan dua kursi dan melepas palu pimpinan.

Demikian pula Gerindra yang periode sebelumnya mendapat 3 kursi sekaligus wakil pimpinan sekarang hanya kebagian dua kursi sehingga harus kehilangan posisi wakil pimpinan dewan.

“Memang 3 kursi menjadi target minimal kami. Setidaknya Perindo membuktikan bahwa kami bukan partai baru yang sekedar coba-coba. Perindo memberi bukti bukan janji, “ ujar Ketua DPD Perindo Teluk Wondama Novie Marani usai penutupan rapat pleno KPU di Gedung Sasar Wondama Manggurai, Minggu malam. (Nday)

Pos terkait