Hari Pattimura ke-207, Memperkuat Persaudaraan dan Solidaritas di Teluk Wondama dengan Semangat Pela Gandong

WASIOR, Kabartimur.com– Hari Pattimura ke-207 tahun 2024 diharapkan menjadi momentum untuk semakin memperkuat persaudaraan, kebersamaan dan solidaritas antar warga di Kabupaten Teluk Wondama dalam rajutan semangat ‘pela gandong’.

Pesan itu disampaikan Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Hendrik Mambor pada puncak perayaan Hari Pattimura ke-207 di Taman Masasoya Topai Wasior, Rabu, 15 Mei 2024.

“Pela gandong sebuah konsep adat yang mengajarkan kita tentang kekeluargaan, kebersamaan dan saling mendukung sehingga menjadi landasan kuat bagi kita dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan, “kata bupati Mambor melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Aser Waroi.

Bupati mengajak warga Maluku di Teluk Wondama mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang tergantung dalam falsafah pela gandong dalam kehidupan sehari-hari.

Yakni semangat gotong royong, saling membantu dan saling mendukung dalam menghadapi setiap rintangan dan tantangan.

Baca Juga :   100 Hektare Kebun Kelapa Dibuka di Kampung Yopanggar, Wabup Andi Kayukatuy : Tanam dan Rawat dengan Penuh Syukur

“Semangat tersebut agar terus dikobarkan kepada seluruh masyarakat se-Kabupaten Teluk Wondama. Mari kita terus rajut semangat pela gandong demi kesejahteraan bersama, “pesan Mambor yang menyandang gelar ‘Upu Unu’ orang Maluku di Wondama.

Ketua Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Teluk Wondama Jus Alfons mengatakan perayaan Hari Pattimura bertujuan untuk mengenang pengorbanan Kapitan Pattimura dalam melawan penjajah Belanda.

Semangat juang Pahlawan Nasional asal Maluku yang memiliki nama asli Thomas Matulessy itu diharapkan bisa memotivasi masyarakat terutama generasi muda Teluk Wondama untuk mau bekerja keras demi mencapai kehidupan yang lebih baik.

“Kita harapkan generasi muda termotivasi untuk terus berjuang untuk maju, cerdas serta berdaya saing. Dan juga untuk meningkatkan tekad dan semangat juang dalam menghadapi tantangan untuk membangun Teluk Wondama, “kata Jus Alfons.

Perayaan Hari Pattimura ke-207 di Teluk Wondama yang mengusung tema ‘Merajut Hubungan Pela Gandong’ diawali dengan jalan sehat bersama yang diikuti lebih kurang 500 orang.

Baca Juga :   Bawaslu Wondama Siapkan Strategi Khusus untuk Tangkal Politik Uang

Dalam kesempatan itu ditampilkan pula pawai obor Pattimura yang melambangkan semangat yang terus menyala.

Acara juga dimeriahkan dengan suguhan tarian khas Maluku seperti cakalele, katreji juga tarian reka-reka oleh warga Maluku Teluk Wondama. (Nday)

 

 

Pos terkait