Hari Jadi Ke-58, Lemhanas RI Luncurkan 58 Judul Buku

JAKARTA, kabartimur.com- Dalam rangka hari jadi ke 58 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menggelar Peluncuran 58 Judul Buku di Ruang Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI , Sabtu (20/05/2023).

Acara peluncuran judul buku menghadirkan Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, dan para penulis yang bukunya diluncurkan pada kegiatan tersebut.

Peluncuran buku sebanyak usia saat Peringatan Hari Jadi Lemhannas RI setiap tahun adalah tradisi yang kini dipertahankan untuk mengingatkan kepada kita semua bahwa buku adalah jendela dunia yang tidak hanya dapat menambah wawasan dan pengetahuan, tetapi juga memberikan informasi tentang perkembangan lingkungan strategis terkini yang berpengaruh pada ketahanan nasional Indonesia agar semakin kuat menghadapi krisis dan tantangan di masa depan.

Prosesi peluncuran 58 buku dilakukan oleh Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia bersama Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto dan Dosen Universitas Pertahanan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M. mewakili para penulis yang akan menyerahan buku secara simbolis kepada perwakilan undangan.

Baca Juga :   Desa Maba Sangaji Dihebohkan Dengan Penampakan Seekor Buaya Panjang 3 Meter

Selain buku karya Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto dan karya Dosen Universitas Pertahanan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M., buku-buku yang diluncurkan adalah karya para alumni Program Pendidikan Singkat, Program Pendidikan Reguler, Program Pemantapan Pimpinan Daerah, Pelatihan untuk Pelatih, dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan sesi diskusi buku “Indonesia X Geo V” karya Andi Widjajanto, Gubernur Lemhannas RI dan buku “Geopolitik Soekarno, Progressive Geopolitical Ceoxistence” karya Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, M.M., Dosen Universitas Pertahanan. Kedua judul buku dengan tema geopolitik ini dipilih karena sangat relevan dengan situasi Indonesia di tengah hubungan internasional saat ini.

Sebagai pendiri Lemhannas RI, Soekarno juga dikenal sebagai peletak dasar geopolitik di Indonesia, sehingga di Hari Jadi ke-58 ini, Lemhannas RI harus memperkuat eksistensinya sebagai sekolah geopolitik bagi para kader pimpinan tingkat nasional.

Baca Juga :   Bupati Klaim Beberapa Inovasi dan Penggunaan Dana CSR Dukung Percepatan Penurunan Stunting di Lutra

Selain itu, Lemhannas RI juga mengajak masyarakat untuk semakin menyadari kondisi geopolitik saat ini dan implikasinya secara nasional, regional dan global yang berpengaruh pada 5 pilar ketahanan nasional Indonesia di era Geo V yang menjadi prioritas Lemhannas RI saat ini, yakni konsolidasi demokrasi, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital dan pembangunan IKN.

Sebelum peluncuran 58 buku secara resmi, peserta yang hadir diajak untuk melihat pameran foto yang menampilkan perjalanan Lemhannas RI yang didirikan oleh Presiden Soekarno pada 1965 hingga saat ini di masa kepemimpinan Gubernur Andi Widjajanto beserta jajarannya.

Selain dihadiri langsung oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Prof. (H.C.) Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri, yang juga putri Presiden Soekarno, Peringatan Hari Jadi Lemhannas RI ke-58 ini juga dihadiri oleh Ketua MPR RI Dr. H. Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A.; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P.; Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono; Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D.;

Baca Juga :   Operasi Ketupat 2022, Polres Manokwari Hadirkan 5 Posko Pengamanan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas; Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Polisi (Purn.) Budi Gunawan; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.; Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir. Arifin Tasrif; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki; Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA.;

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali; Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto; Kepala Staf TNI Angkatan Laut Periode Tahun 2012-2014 Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M.; dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Jenderal TNI (Purn.) Agum Gumelar. (Red/*Rls)

Pos terkait