Gugus Tugas COVID-19 akan Buat Posko Pemantauan Orang di Pelabuhan dan Bandara Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama resmi membentuk Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 yang melibatkan berbagai OPD juga instansi terkait terkait termasuk TNI/Polri. Kepala Pelaksana BPBD ditunjuk sebagai ketua.

Bupati Bernadus Imburi berharap gugus tugas secepatnya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di Wondama.

“Untuk penanganan orang yang terkena virus ini kita perlu ada ruang isolasi di rumah sakit juga alat-alat lain yang diperlukan. Saya harap hal-hal itu disiapkan dengan baik, “ kata Imburi dalam rapat pembentukan gugus tugas COVID-19 di Gedung Sasana Karya di Isei, Rabu.

Sementara itu, Sekretaris BPBD selaku Plh Kepala Pelaksana BPBD Yance Pesurnai mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan gugus tugas COVID-19 adalah membuat posko pemantauan orang di pelabuhan Wasior. Rencananya setiap penumpang kapal yang masuk ke Wondama akan melalui pemeriksaan suhu tubuh sebagai langkah deteksi dini COVID-19.

“Yang juga penting adalah kita melakukan edukasi kepada masyarakat, para pelajar dan juga ASN. Edukasi ini penting supaya masyarakat bisa memahami bagaimana cara penularan virus Corona sehingga mereka bisa melakukan proteksi diri, “ ujar Yance.

Gugus Tugas COVID-19 juga akan mendatangkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti termal scan atau termal gun untuk pengukuran suhu tubuh juga persediaan masker dan hand sanitizer.

“Alat deteksi suhu tubuh itu perlu ada di pelabuhan maupun di bandara. Juga kita perlu siapkan masker, sarung tangan dan cairan disinfektan karena di Wasior ini sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada harganya sudah sangat mahal, “ ucap Yance. (Nday)

Pos terkait