Gubernur PB Mengajak Umat Buddha Jaga 4 Pilar Bangsa

  • Whatsapp

MANOKWARI- Gubernur PB , Drs Dominggus Mandacan mengajak umat budha tetap menjaga 4 pilar kebangsaan yaitu pancasila,UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Keempat Pilar bangsa tersebut yang merupakan semboyan pemersatu bangsa dan karya dari guru Dharma ,Putra bangsa di zaman Majapahit abad 14, sebagai bukti bahwa agama Buddha dalam mencintai tanah air Indonesia, “ kata Gubernur dalam sambutannya pada perayaan Tri Suci Waisak 2563BE/2019, Rabu (29/5/19) di gedung Pusdiklat Buddha Prabha.

Dikatakan gubernur , Hari Tri suci Waisak 2563 Buddhist Era/2019 menjadi momentum bagi umat Buddha untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur dan karakter ajaran sang Buddha dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Menurut Gubernur, meneladani sang Buddha dimulai dengan menghadirkan semangat untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal melalui pikiran, ucapan dan perbuatan yang baik dan benar.

“Perubahan masyarakat harus dimulai dengan perubahan dalam diri sendiri, revolusi mental dan karakter yang sesuai dengan ajaran Sang Buddha dan dapat membangun kepedulian terhadap sesama dengan pengendalian diri dan perilku baik dengan menjalankan sila (moralitas) dan mengembangkan batin atau samadhi. Dengan menjalankan ajaran sang Buddha dengan baik maka dapat melindungi pelaksanaannya dari kemerosotan moral dan kehancuran,” pungkas Gubernur.

Pos terkait