Gubernur Diminta Jamin Perlindungan Keselamatan Para Nakes di Papua Dari Ancaman Huru Hara dan Teror

  • Whatsapp

JAKARTA – Gubernur Papua diminta untuk menjamin dannmelindungi kesehatan rakyat dengan menjamin keselamatan para tenaga kesehatan (nakes) dari ancaman huru hara dan teror yang terjadi saat ini.

Salah satu anggota dari perkumpulan konsultan Hukum dan Media dan Kesehatan, Phiter Ponda yang akrab disapa Bangpit menilai lemahnya perlindungan para nakes dalam menjalankan misi kemanusiaan karena lemahnya proteksi jaminan keselamatan mereka.

Bangpit, mengharapkan Gubernur memberikan prioritas proteksi keselamatan jiwa mereka. “Para Nakes ada di tanah Papua dalam menjalankan misi kemanusiaan, melindungi dan membantu kesehatan masyarakat, walaupun mereka mendapat upaya, tapi misi utama mereka adalah menyelamatkan jiwa rakyat, mereka hadir tanpa politik, mereka hadir tanpa kepentingan lain, hanya membawa misi kemanusian yakni membantu merawat mereka yang sakit” ujar Bangpit Usai menghadiri pertemuan dengan para naker di jakarta selatan 21 september 2021.

Bangpit menambahkan, Gubernur wajib memberikan jaminan perlindungan bagi para naker utamanya yang ada dipelosok papua. “Internasional pun melindungi misi mereka, bahkan dalam keadaan perangpun para naker tidak bisa jadi korban, saya memandang melakukan kejahatan atau pembunuhan terhadap naker dalam menjalankan misi kemanusian tersebut merupakan pelanggaran HAM berat. Oleh karena itu di daeràh konflik pun mereka tetap dilindungi dari ancaman ancaman kelompok kelompok masyarakat” harap Bangpit.(Red/*)

Pos terkait