Dukung KPU, Cipayung Plus PB Ajak Ngopi Bareng

  • Whatsapp

MANOKWARI – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Papua Barat mengadakan acara “Ngopi Bareng” di JNJ Cafe, Manokwari, Sabtu 4 Mei 2019.

Kegiatan Ngopi bareng sebagai bentuk dukungan bagi KPU dalam melaksanakan fungsinya sebagai penyelenggara pemilu 2019.

Ngopi bareng ini bertajuk “Dukung Legitimasi KPU RI dan Tolak Berita Hoax Serta Isu People Power”.

Cipayung Plus Papua Barat merupakan gabungan mahasiswa dari Forum lembaga legislatif mahasiswa lndonesia ( FL2MI) Manokwari, Gerakan Mahasiswa  Nasional Indonesia (GMNI) Manokwari, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Manokwari, Gerakan Mahasiswa Kristen  Indonesia (GMKI) Manokwari, Perhimpunan Mahasiswa  Khatolik Republik Indonesia  (PMKRI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unipa.

Ketua Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI), Rusmanudin Kelkusa yang memotori kegiatan tersebut mengajak mahasiswa tetap menjaga kebersamaan, menghilangkan rasa perbedaan yang ada, khususnya perbedaan pilihan pada pemilu 2019.

Dikatakan Rusmanudin, pesta demokrasi yang telah berlangsung pada tanggal  17 April 2019 telah selesai. Masyarakat telah menyelesaikan pemilihan umum yang dilaksankan oleh KPU dan jajarannya.

Namun pasca Pemilu, banyak muncul isu yang beredar di masyarakat yang meresahkan. Masing-masing kubu saling mengklaim kemenangan hingga mengakibatkan tidak kondusifnya kondisi sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, Rusmadin mengajak teman-teman Kelompok Cipayung Plus  mengambil peran serta guna menghindari dan meminimalisir terjadinya gesekan-gesekan sosial di masyarakat Sampai hasil real count dikeluarkan KPU.

Menurutnya, peran mahasiswa sangat dibutuhkan untuk menyaring informasi benar yang disampaikan kepada masyarakat. Mahasiswa juga diminta jangan terpengaruh dengan isu- isu yang beredar yang kebenarannya belum pasti terutama isu people power. Karena siapapun nantinya yang terpilih harus benar-benar mengemban amanah rakyat dan berpihak kepada rakyat terutama dalam mmeberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Mahasiswa jangan pernah merusak pesta demokrasi tersebut dengan berita berita-berita hoax di lingkungan masyarakat, mari bersama-sama  mendukung legitimasi KPU dan memerangi berita-berita hoax di masyarakat karena kita adalah garda utama dalam menjaga masyarakat dari berita-berita hoax,” harap Rusmadin.

Ada beberapa pernyataan sikap kelompok Ciapung Plus Papua Barat pada acara ngopi bareng, yaitu apresiasi kepada KPU RI, Bawaslu RI, TNI dan Polri serta semua elemen bangsa yang berperan aktif menyukseskan Pemilu Serentai 2019.

Mendukung dan  mengharapkan  KPU menjaga integritas dan profesional dalam menjalankan tugas,  mengajak  semua elemen yang berkontestasi politik untuk menempuh jalur hukum jika ada dugaan pelanggaran dalam proses pemilu, menolak gerakan people power yang inkostitusional, menghimbau kepada elit politik untuk memberikan teladan kepada rakyat dengan menjunjung tinggi demokrasi, beradab dan bermartabat, dan mempercayakan pihak penyelenggara  KPU untuk hasil rekapitulasi.

“Demi menjaga kedamaian, kesejukan, keamanan dan ketertiban dan  menyampaikan empati dan duka cita kepada penyelenggara pemilu yang telah gugur dalam menjalankan tugas pelaksanaan Pemilu 2019,” pungkas Rusmadin.

Pos terkait